Sholekhah, Rika NurHalimatus (2025) Manajemen pendidikan sistem ganda dalam meningkatkan kompetensi siswa di Smk Hidayatul Mubtadiin Tempurejo Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Rika NurHalimatus Sholekhah_211101030068...pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Rika NurHalimatus Sholekhah, 2021: Manajemen Pendidikan Sistem Ganda
dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa di SMK Hidayatul Mubtadiin Tempurejo
Jember.
Kata Kunci: Manajemen, Pendidikan Sistem Ganda, Kompetensi Siswa
Pendidikan Sistem Ganda merupakan program mengintegrasikan
pembelajaran di sekolah dengan pengalaman kerja langsung di industri, hal ini
bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa sesuai dengan bidangnya.
Penelitian ini berfokus pada strategi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Oleh
karena itu pendidikan sistem ganda diharapkan menjadi penunjang kompetensi
siswa setelah lulus dan terjun di dunia kerja.
Fokus pada penelitian ini adalah: 1). Bagaimana perencanaan pendidikan
sistem ganda dalam meningkatkan kompetensi siswa di SMK Hidayatul
Mubtadiin Tempurejo Jember? 2). Bagaimana Pelaksanaan pendidikan sistem
ganda dalam meningkatkan kompetensi siswa di SMK Hidayatul Mubtadiin
Tempurejo Jember? 3). Bagaimana Evaluasi pendidikan sistem ganda dalam
meningkatkan kompetensi siswa di SMK Hidayatul Mubtadiin Tempurejo
Jember? Tujuan dari penelitian ini Untuk mendeskripsikan manajemen pendidikan
sistem ganda dalam meningkatkan kompetensi siswa di SMK Hidayatul
Mubtadiin Tempurejo Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, Subjek
penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan sumber data dari
Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Waka Humas, Kepala Tu,
Guru pembimbing dan Siswa, Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi,
Wawancara, dan Dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif
interaktif Miles and Huberman yang meliputi kondensasi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan
triangulasi teknik.
Penelitian ini menghasilkan fakta-fakta sebagai berikut: 1) Perencanaan
pendidikan sistem ganda diawali dengan penyusunan panitia pokja, penyusunan
program, analisis industri, pengadaan buku pedoman dan administrasi,
sinkronisasi program, pendataan siswa, sosialisasi wali murid, pembekalan dan
penempatan siswa di tempat industri. 2) Pelaksanaan program pendidikan sistem
ganda dilakukan selama empat bulan dan dua bulan untuk praktik dan ujian. 3)
Evaluasi program pendidikan sistem dilakukan oleh tim Pokja untuk
menindaklanjuti kekurangan selama kegiatan berlangsung evaluasi dilakukan
sebagai peningkatan kompetensi siswa di SMK Hidayatul Mubtadiin Tempurejo
Jember sebagai penilaian terhadap efektifitas dan efisiensi pelaksanaan pendidikan sistem ganda. Evaluasi juga dilaksanakan setelah monitoring kinerja
siswa, dan evaluasi dari laporan-laporan siswa berupa jurnal harian dan absensi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mis Rika NurHalimatus Sholekhah |
Date Deposited: | 06 May 2025 02:31 |
Last Modified: | 06 May 2025 02:31 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40652 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |