Yusril Maulana, Muhammad (2025) Implementasi Pembelajaran Tahsin Al-Qur'an Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Mahasantri di Ma'had Al-Jami'ah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI MUHAMMAD YUSRIL MAULANA_211101010085.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Al-Qur’an merupakan kalam atau firman Allah yang suci yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SWT yang pembacaanya merupakan suatu ibadah. Ma’had Al-Jamiah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember memiliki sebuah pembelajaran yaitu tahsin Al-Qur’an. Dimana pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan kemampuan membaca Al-Qur’an mahasantri dalam membaca Al-Qur’an. Karna melihat kondisi di lapangan, masih banyak ditemukan beberapa mahasantri yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.
Penelitian ini difokuskan pada: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Tahsin Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an mahasantri di Ma’had Al-Jami’ah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq ?; 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Tahsin Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an mahasantri di Ma’had Al-Jami’ah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq ?;
Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Tahsin Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an mahasantri di Ma’had Al-Jami’ah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Tahsin Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an mahasantri di Ma’had Al-Jami’ah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq.
Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data dijaga menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Perencanaan pembelajaran Tahsin Al-Qur’an di Ma’had Al-Jami’ah yaitu merumuskan tujuan pembelajaran, penetapan bahan ajar, pemilihan metode pembelajaran, dan merumuskan evaluasi pembelajaran 2) Pelaksanaan pembelajaran Tahsin Al-Qur’an di Ma’had Al-Jami’ah melalui 3 tahapan yaitu Tahapan awal dengan pengelompokkan mahasantri sesuai dengan kemampuanya, terdiri dari kelas Ula (pemula), kelas Wustho (menengah), dan kelas Ulya (mahir), Tahapan inti yaitu pelaksanaan pembelajaran Tahsin Al-Qur’an menggunakan metode Klasikal Baca Simak dengan rujukan buku Tajwid Haqqut Tilawah, dan Tahapan akhir yaitu evaluasi. Evaluasi tahsin dilakukan secara rutin tiap pertemuan dengan pembelajaran umpan balik langsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Muhammad Yusril Maulana |
Date Deposited: | 07 May 2025 03:27 |
Last Modified: | 07 May 2025 03:27 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40660 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |