PEMANFAATAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PROSES PEMBELAJARAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER

Wahyudi, Mochamad (2025) PEMANFAATAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PROSES PEMBELAJARAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
212101010022_MOCHAMAD WAHYUDI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang semakin pesat dan potensinya dalam memengaruhi dunia pendidikan, terutama dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi. Teknologi AI memberikan berbagai peluang untuk mendukung pembelajaran yang lebih personal, meningkatkan efektivitas, serta menyediakan akses yang lebih luas terhadap berbagai sumber belajar. Meskipun demikian, tantangan terkait pemanfaatan teknologi AI dalam pembelajaran seperti kurangnya literasi mengenai teknologi ini dan keterbatasan akses masih menjadi masalah yang perlu diperhatikan, khususnya di kalangan mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Penelitian ini difokuskan untuk mengkaji, bagaimana pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence dalam proses pembelajaran mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, serta bagaimana efektivitas dan efisiensi pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence dalam proses pembelajaran mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence dalam proses pembelajaran dan menilai sejauh mana teknologi tersebut efektif dan efisien dalam mendukung proses pembelajaran dan keterlibatan mahasiswa dalam pemanfaatannya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian dilakukan di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dengan melibatkan mahasiswa dan dosen sebagai informan utama dan pendukung. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya observasi non-partisipatif, wawancara secara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman secara umum, yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan dan verifikasi kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember memanfaatkan teknologi AI dalam proses pembelajaran, seperti mencari referensi, menyusun materi, dan memahami konsep-konsep yang sulit dimengerti. Pemanfaatan teknologi AI ini terbilang efektif dan efisien dalam membantu mahasiswa seperti memahami materi dengan cara yang lebih cepat dan meningkatkan motivasi serta keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran. Meskipun demikian, tantangan seperti ketergantungan pada teknologi, verifikasi informasi yang diperoleh, dan keterbatasan akses seperti konektivitas internet masih menjadi hambatan yang perlu diperhatikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MOCHAMAD WAHYUDI
Date Deposited: 07 May 2025 07:50
Last Modified: 07 May 2025 07:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40693

Actions (login required)

View Item View Item