Pratiwi, Elza Imelda (2025) Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Elza Imelda Pratiwi_211101040023_Skripsi.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (15MB) |
Abstract
Elza Imelda Pratiwi, 2024: Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Pada
Kelas IV Di Madrasah Ibtidayah Negeri (MIN) 2 Jember.
Kata Kunci : Evaluasi, Kurikulum Merdeka, Kelas IV
Evaluasi pada penerapan Kurikulum Merdeka pada dasarnya digunakan untuk menunjang keberhasilan pembelajaran di MIN 2 Jember. pendidikan menekankan pengembangan kepribadian peserta didik dan mengarah pada penemuan serta pengembangan potensi yang dimiliki oleh mereka. Bahkan menurut pakar pendidikan, dalam penyusunan dan penyajian materi pembelajaran sebaiknya disesuaikan dengan perasaan dan perhatian peserta didik. Kerjasama antara sekolah/madrasah memiliki potensi untuk meningkatkan efektivitas pelaksanaan Kurikulum Merdeka.
Tujuan Penelitian ini adalah: 1). Untuk mendeskripsikan Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka melalui kegiatan Intrakurikuler pada Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Jember. 2) Untuk mendeskripsikan Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka melalui kegiatan Kokurikuler pada kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Jember. 3). Untuk mendeskripsikan Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka melalui kegiatan Ekstrakurikuler pada kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Jember.
Pada penelitian peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode triangulasi. Dan untuk dan untuk menentukan objek peneliti menggunakan purposive sampling dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan untuk menganalisis data peneliti menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.yakni menganalisis tentang evaluasi implementasi kurikulum merdeka pada kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Jember.
Peneliti ini sampai pada kesimpulan bahwa : 1). Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Intrakurikuler Pada Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Jember. Dengan menggunakan model CIPP mulai menerapkan prinsip diferensiasi, pembelajaran aktif, dan penilaian formatif.. Dalam aspek produk dapat diketahui terjadi peningkatan partisipasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. guru mulai lebih kreatif, namun evaluasi hasil belajar masih belum sepenuhnya berbasis kompetensi. 2). Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Kokurikuler Pada Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Jember Hasilnya menunjukkan bahwasanya terjadi peningkatan karakter, seperti sikap toleran, disisplin beribadah, serta rasa bangga terhadap budaya dan identitas nasional 3). Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Jember. Dilakukan dengan berbagai kegiatan ekstrakurikuler dimana seluruh kegiatan menunjukkan bahwasanya peserta didik yang aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler menunjukkan peningkatan dalam ketrampilan sosial, kemampuan bekerja sama, serta rasa tanggung jawab yang lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang kurang terlibat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Depositing User: | Ms Elza Imelda Pratiwi |
Date Deposited: | 07 May 2025 08:33 |
Last Modified: | 07 May 2025 08:33 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40705 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |