Implementasi Pembelajaran IPA Berbasis Kurikulum Merdeka Pada Materi Getaran dan Gelombang kelas VIII di SMPN 4 Jember

Raihan, Raihan (2025) Implementasi Pembelajaran IPA Berbasis Kurikulum Merdeka Pada Materi Getaran dan Gelombang kelas VIII di SMPN 4 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RAIHAN_212101100011_FTIK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran IPA, Kurikulum Merdeka
Pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka menekankan fleksibilitas, diferensiasi, dan penguatan profil Pelajar Pancasila. Proses belajar dirancang sesuai kebutuhan siswa, melibatkan proyek kontekstual, serta mendukung pengembangan kompetensi dan karakter.
Tujuan penelitian ini yakni 1) Mendeskripsikan implementasi pembelajaran IPA berbasis kurikulum merdeka di SMPN 4 Jember. 2) Mendeskripsikan respon siswa terhadap implementasi pembelajaran IPA berbasis kurikulum merdeka pada materi Getaran dan Gelombang kelas VIII di SMPN 4 Jember. 3) Mendeskripsikan kendala yang dihadapi oleh guru dalam implementasi pembelajaran IPA berbasis kurikulum merdeka pada materi Getaran dan Gelombang kelas VIII di SMPN 4 Jember.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui teknik triangulasi, baik triangulasi sumber maupun triangulasi teknik. Triangulasi sumber melibatkan tiga pihak utama, yaitu Waka Kurikulum, Guru IPA, dan siswa kelas VIII. Sementara itu, triangulasi teknik dilakukan dengan mengintegrasikan wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk memastikan validitas dan akurasi data yang diperoleh.
Hasil penelitian ini yakni 1) Penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka dimulai bertahap dari kelas VII pada tahun pelajaran 2022/2023. Pendekatan ini memungkinkan evaluasi berkelanjutan. Fasilitas pembelajaran memadai untuk mendukung pemahaman dan pembelajaran IPA, dan pembelajaran berdiferensiasi diterapkan guna menyesuaikan dengan kebutuhan siswa, mencerminkan komitmen sekolah terhadap pendidikan inklusif dan adaptif. 2) Penelitian ini menemukan siswa antusias belajar IPA berbasis Kurikulum Merdeka. Penggunaan smartphone, praktikum, dan pendampingan guru intensif meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa, terutama pada materi Getaran dan Gelombang. 3) Implementasi Kurikulum Merdeka di SMPN 4 Jember menghadapi tantangan seperti minimnya pengalaman dan referensi, serta keterbatasan sumber belajar. Namun, melalui refleksi mingguan, pembinaan, dan diskusi guru, sekolah berkomitmen untuk terus beradaptasi dan melakukan perbaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0205 Optical Physics > 020501 Classical and Physical Optics
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Raihan RAIHAN Raihan
Date Deposited: 07 May 2025 08:52
Last Modified: 07 May 2025 08:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40708

Actions (login required)

View Item View Item