Nur Azmi, Nabilah (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Hologram 3 Dimensi Berbasis Barcode Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas V Sekolah Dasar Negeri Tamanan 02 - Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Nabilah Nur Azmi _211101040044.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Nabilah Nur Azmi, 2025: Pengembangan Media Pembelajaran Hologram 3D
Berbasis Barcode Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan sosial Kelas V
Sekolah Dasar Negeri Tamanan 02 – Bondowoso.
Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Hologram 3D, Ilmu
Pengetahuan Alam dan sosial
Penelitian dan pengembangan ini berlandaskan pada media pembelajaran
yang digunakan sebagai alat bantu guru dalam menyampaikan materi
pembelajaran kepada peserta didik, untuk melengkapi sarana pembelajaran IPA
materi rantai makanan kelas V. Kendala yang dihadapi guru ketika pembelajaran
penggunaan media seadanya, sehingga peserta didik kurang aktif. media
pembelajaran ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dalam
pembelajaran IPA materi rantai makanan dengan memanfaatkan media hologram
3D berbasis barcode.
Rumusan masalah pada penelitian ini (1) Bagaimana pengembangan
media pembelajaran Hologram 3D berbasis digital yang menarik serta
menyenangkan bagi peserta didik pada pembelajaran IPAS kelas V SDN
Tamanan 02 – Bondowoso?, (2) Bagaimana kelayakan penggunaan pada media
pembelajaran Hologram 3D berbasis digital pada pembelajaran IPAS untuk
peserta didik kelas V SDN Tamanan 02 – Bondowoso?. Tujuan penelitian ini
yaitu (1) Untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran Hologram 3D
yang menarik serta menyenangkan bagi peserta didik pada pembelajaran IPAS
kelas V SDN Tamanan 02 – Bondowoso, (2) Untuk mengetahui kelayakan
penggunaan media pembelajaran Hologram 3D pada pembelajaran IPAS untuk
peserta didik kelas V SDN Tamanan 02 – Bondowoso.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan Research
and Development (R&D), dengan menggunakan model ADDIE Analisys, Design,
Development, Implementation, Evaluation. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yakni observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan (1) Dengan menggunakan media hologram
3D berasis barcode peserta didik terlibat aktif karena tidak hanya melihat dan
mendengarkan saja, akan tetapi menggunakannya secara langsung serta peserta
didik dapat belajar sambil bermain, sehingga dapat menciptakan pembelajaran
yang menarik dan menyenangkan. (2) Berdasarkan kelayakan penggunakan media
pembelajaran hologram 3D berbasis barcode dari hasil penilaian instrument
validasi dan peserta didik bahwa penggunaan media pembelajaran hologram 3D
berbasis barcode sangat layak digunakan sesuai dengan hasil instument penilaian
validasi para ahli dan angket peserta didik kelas V di SDN Tamanan 02.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | TA Nabilah Nur Azmi |
Date Deposited: | 07 May 2025 08:55 |
Last Modified: | 07 May 2025 08:55 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40713 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |