Hasan, Hindi Mohammad (2025) Strategi Bank Perekonomian Rakyat dalam mengeola kualitas kredit UMKM (Studi pada BPR Nusamba Rambipuji). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.
![]() |
Text
HINDI MOHAMMAD HASAN_211105010021.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran vital UMKM sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia yang berkontribusi sekitar 10,7% dalam penyerapan tenaga kerja dan memberikan nilai tambah hingga Rp 641,8 triliun terhadap PDB nasional. Namun, UMKM masih menghadapi tantangan signifikan dalam akses pembiayaan, sementara lembaga keuangan seperti BPR harus mengelola risiko kredit secara efektif untuk menjaga keberlanjutan bisnis dan mendukung perkembangan UMKM. Tantangan ini semakin kompleks terutama setelah pandemi Covid-19 yang meningkatkan potensi risiko kredit di
sektor UMKM.
Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini berfokus pada bagaimana strategi yang diterapkan BPR Nusamba Rambipuji dalam mengelola kualitas kredit UMKM dan seberapa efektif strategi tersebut dalam memitigasi risiko kredit, khususnya dalam konteks pemulihan ekonomi pasca-pandemi. Penelitian ini juga mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas penerapan strategi pengelolaan kualitas kredit serta mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam implementasi strategi
tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi BPR Nusamba Rambipuji dalam mengelola kualitas kredit UMKM serta mengukur efektivitas dari strategi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi praktik terbaik dalam pengelolaan risiko kredit pada BPR yang dapat menjadi referensi bagi lembaga keuangan sejenis, serta memberikan rekomendasi untuk perbaikan sistem pengelolaan kredit yang berkelanjutan bagi UMKM dalam konteks pemulihan ekonomi.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang strategi pengelolaan kualitas kredit UMKM. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan pihak manajemen BPR, studi dokumentasi kebijakan kredit, dan observasi terhadap implementasi sistem pengelolaan kredit. Fokus analisis diarahkan pada penerapan sistem credit scoring dengan memanfaatkan data SLIK dan pola penggunaan token listrik, serta implementasi metode IP-3C dengan fokus pada verifikasi penggunaan dana dan penilaian mendalam terhadap kapasitas usaha dan collateral.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa BPR Nusamba Rambipuji menerapkan strategi pengelolaan kredit yang komprehensif dengan mengintegrasikan sistem credit scoring berbasis data SLIK dan pola konsumsi listrik, serta implementasi metode IP-3C yang sesuai dengan ketentuan PBI No. 11/25/PBI/2009. Dalam hal efektivitas pengelolaan kredit, bank telah membentuk unit khusus Deskol untuk pengawasan dan monitoring nasabah, serta menerapkan sistem monitoring proaktif melalui kunjungan Account Officer. Meskipun NPL mengalami peningkatan dari 2-4% menjadi 18% pasca Covid-19, bank menggunakan pendekatan komprehensif dalam mengevaluasi keberlanjutan pengelolaan kredit yang mencakup evaluasi kepatuhan terhadap SOP, kualitas analisis tahap awal, keberlanjutan usaha nasabah, dan tingkat kepatuhan terhadap kewajiban kredit, sehingga dapat meminimalkan dampak negatif terhadap kinerja bank secara keseluruhan.
Kata Kunci: BPR, Kualitas Kredit, UMKM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150205 Investment and Risk Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mr Hindi Mohammad Hasan |
Date Deposited: | 08 May 2025 07:01 |
Last Modified: | 08 May 2025 07:01 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40736 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |