Nur Ega Septiandi, - (2021) Analisis Soal Perpangkatan dan Bentuk Akar pada Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Berdasarkan Mathematical Literacy Assesment Taxonomy. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika.
Text
Nur Ega Septiandi_T20177002.pdf Download (9MB) |
Abstract
Nur Ega Septiandi, 2021: Analisis Soal Perpangkatan dan Bentuk Akar pada Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Berdasarkan Mathematical Literacy Assesment Taxonomy. Kata Kunci: Analisis Soal, Buku Siswa Matematika, Mathematical Literacy Assesment Taxonomy. Salah satu unsur pendukung tercapainya tujuan pembelajaran matematika adalah kualitas bahan ajar berupa buku siswa matematika yang disediakan oleh pemerintah untuk seluruh sekolah yang ada di Indonesia. Salah satu tolak ukur kualitas buku matematika dapat dilihat dari soal yang dijadikan sebagai alat evaluasi. Soal-soal tersebut diharapkan mampu menjadi alat untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam menerapkan konsep matematika pada konteks tertentu atau yang sering disebut dengan mathematical literacy assessment taxonomy. Proporsi ideal dalam mathematical literacy assessment taxonomy yaitu 30% soal untuk level knowing, 30% soal untuk level applying routine procedures in familiar, 20% soal untuk level applying multistep procedures in a variety of contexts, dan 20% soal untuk level reasoning and reflecting. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis soal-soal perpangkatan dan bentuk akar pada buku siswa matematika kurikulum 2013 (edisi revisi 2018) kelas IX berdasarkan 1) level knowing; 2) level applying routine procedures in familiar context; 3) level applying multistep procedures in a variety of contexts; 4) level reasoning and reflecting; 5) mathematical literacy assessment taxonomy. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan objek penelitian soal perpangkatan dan bentuk akar pada buku siswa matematika kelas IX kurikulum 2013 (edisi revisi 2018). Pemilihan objek penelitian didasarkan pada hasil observasi terhadap penelitian terdahulu dan wawancara kepada salah satu guru Sekolah Menengah Pertama (SMP). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar deskriptor yang telah divalidasi oleh 3 validator ahli. Sumber data dalam penelitian ini berupa hasil klasifikasi soal pada lembar deskriptor berdasarkan level mathematical literacy assessment taxonomy. uji keabsahan data menggunakan triangulasi penyidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar (1) 45,69% soal masuk pada level knowing; (2) 36,27% soal masuk pada level applying routine procedures in familiar context; (3) 4,31% masuk pada level level applying multistep procedures in a variety of contexts; (4) 13,43% masuk pada level reasoning and reflecting; (5) 99,57% merupakan soal mathematical literacy assessment taxonomy.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad iqbal abdilah |
Date Deposited: | 22 Apr 2022 02:37 |
Last Modified: | 22 Apr 2022 02:37 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4075 |
Actions (login required)
View Item |