PENINJAUAN UJIAN KOMPREHENSIF SEBAGAI SYARAT PENDAFTARAN UJIAN SKRIPSI MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER

Hayyah, Fanniatul (2025) PENINJAUAN UJIAN KOMPREHENSIF SEBAGAI SYARAT PENDAFTARAN UJIAN SKRIPSI MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRISPI FANNIATUL HAYYAH MPI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Fanniatul Hayyah, 2025: “Peninjauan Ujian Komprehensif Sebagai Syarat Pendaftaran Ujian Skripsi Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.”
Kata Kunci: Analisis Kebijakan dan Ujian Komprehensif

Skripsi merupakan karya tulis ilmiah yang bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa Program Sarjana dalam menerapkan ilmu dengan cara penelitian, menganalisis dan menarik kesimpulan, serta menyusun laporan. Setelah skripsi selesai mahasiswa bisa mengajukan untuk pendaftaran ujian skripsi, namun sebelum ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa. Salah satu hal yang perlu untuk dikaji dari syarat pendaftaran sidang skripsi adalah pelaksanaan ujian komprehensif. Ujian komprehensif bertujuan untuk mengevaluasi dan mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa terkait materi selama kuliah. Tetapi, pada kenyataannya materi yang diujikan sering kali tidak sesuai dengan kisi-kisi yang diberikan. Akibatnya, ujian yang seharusnya menjadi alat untuk mengukur kemampuan dan pengetahuan mahasiswa tidak lagi sesuai dengan tujuan awal.
Fokus penelitian dalam penelitian ini, 1. Bagaimana hasil peninjauan ujian komprehensif sebagai syarat pendaftaran ujian skripsi?. 2. Bagaimana persepsi mahasiswa terkait uji komprehensif sebagai syarat pendaftaran ujian skripsi?. Dengan tujuan penelitian, 1. Untuk mendeskripsikan hasil peninjauan ujian komprehensif sebagai syarat pendaftaran ujian skripsi. 2. Untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa terkait uji komprehensif sebagai syarat pendaftaran ujian skripsi.
Penelitian ini adalah mix method (metode campuran), yaitu pendekatan penelitian yang mengkombinasikan antara penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu Sequential Exploratory. Dalam Penelitian ini menggunakan dua jenis data, data kualitatif yaitu menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara sedangkan data kuantitatif menggunakan angket (kuesioner).
Hasil Penelitian: 1. Kebijakan ujian komprehensif sebagai syarat untuk mendaftar ujian sidang skripsi dinilai kurang efektif dan efisien. Hal ini dapat dilihat dari berbagai faktor, mulai dari prosedur, informasi penjadwalan yang sering mengalami perubahan, mekanisme penjadwalan, dan sistem penilaian yang kurang objektif. 2. Mahasiswa menyarankan perubahan mekanisme pelaksanaan ujian dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) untuk memastikan penilaian yang lebih objektif. Selain itu, mahasiswa berpendapat bahwa apabila ujian komprehensif tetap dijadikan syarat pendaftaran skripsi, maka harus ada perubahan waktu pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms. Fanniatul Hayyah
Date Deposited: 14 May 2025 02:37
Last Modified: 14 May 2025 02:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40759

Actions (login required)

View Item View Item