Zaka Abdillah, Muhammad (2025) Penerapan Strategi Joyful Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Pelita Hati Sumbersari Jember. Undergraduate thesis, Unversitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq.
![]() |
Text
Muhammad Zaka Abdillah...pdf Download (4MB) |
Abstract
Pembelajaran saat ini telah bertransformasi menjadi pembelajaran yang terbarukan, yaitu pembelajaran juga dibarengi dengan berbagai strategi, model dan metode terkini. Tetapi masih ada pembelajaran yang masih bertahan dengan cara belajar yang lama. Hal ini membuat peserta didik mengalami kebosanan, mereka pada akhirnya tidur, ramai dan jail kepada temannya. Joyful Learning adalah suatu bentuk pembelajaran yang menciptakan suasana menyenangkan supaya dapat dinikmati oleh siswa, sehingga siswa tidak cepat merasa jenuh saat pembelajaran karena menggunakan metode yang menyenangkan.
Fokus Penelitian ini meliputi tiga aspek utama, yaitu 1) Bagaimana perencanaan strategi Joyful Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Pelita Hati Sumbersari Jember?, 2) Bagaimana pelaksanaan strategi Joyful Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Pelita Hati Sumbersari Jember?, 3) Bagaimana evaluasi strategi Joyful Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Pelita Hati Sumbersari Jember?. Penelitian ini memiliki 3 tujuan, yaitu 1.) Mendeskripsikan perencanaan strategi Joyful Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Pelita Hati Sumbersari Jember, 2.) Mendeskripsikan Pelaksanaan strategi Joyful Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Pelita Hati Sumbersari Jember, 3.) Mendeskripsikan Evaluasi strategi Joyful Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Pelita Hati Sumbersari Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya menggunakan kualitatif deskirptif. Lokasi penelitian dilakukan di SD Pelita Hati yang beralamatkan di Jalan Koptu Berlian 88A, Antirogo, Sumbersari, Jember. Analisis data mengikuti model Miles dan Huberman yang mencakup tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data di uji dengan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Joyful Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Pelita Hati Sumbersari Jember pelaksanaannya meliputi tahap perencanaan yang mencakup: analisis kebutuhan, perumusan tujuan pembelajaran, pemilihan metode pembelajaran, penyusunan langkah-langkah pembelajaran,, penilaian pembelajaran, alokasi waktu dan refleksi. Tahap pelaksanaan melibatkan tiga bagian utama, yaitu tahap pembukaan, tahap inti, dan tahap penutup. Sementara itu, evaluasi dilakukan dengan melihat hasil pembelajaran siswa melalui tiga aspek utama, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Zaka Abdillah |
Date Deposited: | 08 May 2025 08:57 |
Last Modified: | 08 May 2025 08:57 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40760 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |