Pengaruh Kemudahan Akses, Keamanan Transaksi dan Promosi terhadap Minat Mahasiswa dalam Menggunakan Dompet Digital dan Bank digital pada Pengguna Shopeepay, Ovo, Dana dan Seabank pada Mahasiswa UIN Kiai HAji Achmad Siddiq Jember

Maryani, Maryani (2025) Pengaruh Kemudahan Akses, Keamanan Transaksi dan Promosi terhadap Minat Mahasiswa dalam Menggunakan Dompet Digital dan Bank digital pada Pengguna Shopeepay, Ovo, Dana dan Seabank pada Mahasiswa UIN Kiai HAji Achmad Siddiq Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI FIKS MARYANI_212105010091.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Maryani, 2025: Pengaruh Kemudahan Akses, Keamanan Transaksi, dan Promosi terhadap Minat Menggunakan Dompet Digital dan Bank Digital pada pengguna Shopeepay, Ovo, Dana dan Seabank pada mahasiswa UIN Kiai Haji Achmad Siddiq jember.
Kata Kunci: Kemudahan Akses, Keamanan Transaksi, Promosi, Dompet Digital, Bank Digital
Tidak bisa dipungkiri, kemajuan tekonlogi informasi dan komunikasi membuat kehidupan manusia lebih mudah. Dengan adanya Dompet digital dan bank digital seperti Shopeepay, Ovo, Dana dan Seabank yang semakin populer di kalangan masyarakat, khususnya mahasiswa UIN kiai Haji Achmad Siddiq Jember, karena menyediakan berbagai keuntungan seperti kemudahan, keamanan, serta promosi yang menarik
Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut:1) Apakah kemudahan akses berpengaruh terhadap minat menggunakan dompet dan bank digital. 2) Apakah keamanan transaki dapat berpengaruh terhadap minat menggunakan dompet dan bank digital?. 3) Apakah promosi berpengaruh terhadap minat menggunakan dompet dan bank digital? 4) Apakah kemudahan akses, keamanan transaksi, dan promosi secara simultan berpengaruh terhadap minat menggunakan dompet dan bank digital.
Penelitian ini bertujuan:1) Untuk mengetahui apakah kemudahan akses berpengaruh terhadap minat menggunakan dompet dan bank digital. 2) Untuk mengetahui apakah keamanan transaki berpengaruh terhadap minat menggunakan dompet dan bank digital?. 3) Untuk mengetahui apakah promosi berpengaruh terhadap minat menggunakan dompet dan bank digital?. 4) Untuk mengetahui apakah kemudahan akses, keamanan transaksi, dan promosi secara simultan berpengaruh terhadap minat mahasiswa dalam menggunakan dompet dan bank digital.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden mahasiswa pengguna aplikasi Dopet dan bank digital. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan meliputi uji instrumen, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil penelitian, 1) kemudahan akses berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan dompet dan bank digital, 2) keamanan transaksi berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan dompet dan bank digital dan 3) promosi berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan dompet dan bank digital. Sementara itu, dikalangan mahasiswa UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, kemudahan akses, keamanan transaksi, dan promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat menggunakan dompet dan bank digital.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: mar yani
Date Deposited: 15 May 2025 06:16
Last Modified: 15 May 2025 06:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40766

Actions (login required)

View Item View Item