PENGARUH E-SERVICE QUALITY, E-TRUST DAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE TERHADAP CUSTOMER LOYALTY PENGGUNA APLIKASI BRIMO (Pada Nasabah Bank Digital BRImo Mahasiswa UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember)

Tiara Sari, Nur Afika (2025) PENGARUH E-SERVICE QUALITY, E-TRUST DAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE TERHADAP CUSTOMER LOYALTY PENGGUNA APLIKASI BRIMO (Pada Nasabah Bank Digital BRImo Mahasiswa UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NUR AFIKA TIARA SARI_212105010095.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB)

Abstract

Nur Afika Tiara Sari, Ari Fahimatussyam Putra Nusantara,, 2024: Pengaruh E-Service Quality, E-Trust, dan Artificial Intelligence terhadap Customer Loyalty Pengguna Aplikasi BRImo (Studi Kasus pada Nasabah Bank Digital BRImo Mahasiswa UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)
Kata Kunci: E-Service Quality, E-Trust, Artificial Intelligence, Customer Loyalty, Aplikasi BRImo
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat memberikan dampak signifikan terhadap industri perbankan. Sebagai lembaga yang bertugas menghimpun dan menyalurkan dana masyarakat, perbankan dituntut untuk beradaptasi dengan teknologi agar dapat mempertahankan customer loyalty. Salah satu inovasi dalam dunia perbankan adalah layanan bank digital, seperti aplikasi BRImo, yang menawarkan kemudahan transaksi secara online. customer loyalty terhadap aplikasi ini dipengaruhi oleh e-service quality, tingkat kepercayaan, dan implementasi teknologi kecerdasan buatan (AI).
Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut: 1) Apakah e-service quality berpengaruh terhadap customer loyalty? 2) Apakah e-trust berpengaruh terhadap customer loyalty? 3) Apakah artificial intelligence berpengaruh terhadap customer loyalty? 4) Apakah e-service quality, e-trust, dan artificial intelligence secara simultan berpengaruh terhadap customer loyalty?
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk menganalisis pengaruh e-service quality terhadap customer loyalty, 2) Untuk menganalisis pengaruh e-trust terhadap customer loyalty, 3) Untuk menganalisis pengaruh artificial intelligence terhadap customer loyalty, 4) Untuk menganalisis pengaruh simultan dari e-service quality, e-trust, dan artificial intelligence terhadap customer loyalty.
Pendekatan kuantitatif merupakan metodologi penelitian yang digunakan. Untuk memperoleh data, 150 responden mahasiswa pengguna aplikasi BRImo diberikan kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Pengujian instrumen, analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis, dan pengujian asumsi tradisional merupakan beberapa teknik analisis data yang digunakan.
Berdasarkan hasil penelitian, loyalitas nasabah dipengaruhi secara signifikan oleh kualitas e-service quality (X1). Loyalitas nasabah juga dipengaruhi secara signifikan oleh E-trust (X2). Selain itu, loyalitas nasabah juga dipengaruhi secara signifikan oleh artificial intelligence (X3). Sementara itu, di kalangan mahasiswa UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, faktor kualitas layanan elektronik, kepercayaan elektronik, dan kecerdasan buatan memiliki pengaruh yang besar terhadap loyalitas nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: NUR AFIKA TIARA SARI
Date Deposited: 15 May 2025 03:58
Last Modified: 15 May 2025 03:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40778

Actions (login required)

View Item View Item