Putra Hariyanto, Mohamad Bagus Andika (2025) KEPUASAN SISWA TERHADAP LAYANAN INFORMASI DAN BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH 02 WULUHAN JEMBER 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
![]() |
Text (SKRIPSI)
Mohamad Bagus Andika Putra Hariyanto_212101030019.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh data Arsip Negara Republik
Indonesia tentang laporan survei layanan Informasi Publik pada tahun 2021
bahwa pada kisaran angka puas dan sangat puas sebesar 49%. Oleh karena itu
peneliti penasaran akan tentang bagaimana kepuasan siswa terhadap layanan
informasi dan bimbingan konseling, dengan objek penelitian Sekolah
Menengah Atas Muhammadiyah 02 Wuluhan jember pada ajaran 2024/2025.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Seberapa tinggi
tingkat layanan informasi Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 02
Wuluhan ? 2) Seberapa tinggi tingkat bimbingan konseling Sekolah
Menengah Atas Muhammadiyah 02 Wuluhan ? 3) Seberapa tinggi tingkat
kepuasan siswa terhadap layanan informasi Sekolah Menengah Atas
Muhammadiyah 02 Wuluhan? 4) Seberapa tinggi tingkat kepuasan siswa
terhadap bimbingan dan konseling Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah
02 Wuluhan.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui Seberapa tinggi tingkat
layanan informasi Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 02 Wuluhan 2)
mengetahui Seberapa tinggi tingkat Bimbingan Konseling sekolah Menengah
Atas Muhammadiyah 02 Wuluhan 3) Mengetahui seberapa besar tingkat
kepuasan siswa terhadap layanan informasi Sekolah Menengah Atas
Muhammadiyah 02 Wuluhan. 4) Mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan
siswa terhadap bimbingan dan konseling Sekolah Menengah Atas
Muhammadiyah 02 Wuluhan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif.
Populasi berjumlah 142 siswa dengan sample sebesar 60. Teknik
pengambilan sample menggunakan simple random sampling dengan rumus
slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi. Teknik
analisis data menggunakan statistik deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) tingkat layanan informasi
sebesar 64,57% 2) tingkat bimbingan konseling sebesar 65,95% 3) kepuasan
siswa terhadap layanan informasi yang ada di sekolah menengah atas
muhammadiyah 02 wuluhan sebesar 88,09%. 4) kepuasan siswa terhadap
bimbingan dan konseling yang ada di sekolah menengah atas muhammadiyah
02 wuluhan sebesar 88,22%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Skripsi Mohamad Bagus Andika Putra Hariyanto |
Date Deposited: | 15 May 2025 01:04 |
Last Modified: | 15 May 2025 01:04 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40798 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |