PENERAPAN TEMA BHINEKA TUNGGAL IKA PADA PROJEK DANUSHION DALAM MEMPERKUAT MODERASI BERAGAMA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 JEMBER

Mutmainah, Mutmainah (2025) PENERAPAN TEMA BHINEKA TUNGGAL IKA PADA PROJEK DANUSHION DALAM MEMPERKUAT MODERASI BERAGAMA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 JEMBER. Masters thesis, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUTMAINAH_223206030043.pdf

Download (21MB)

Abstract

Mutmainah, 2024. Penerapan Tema Bhineka Tunggal Ika Pada Projek Danushion Dalam Memperkuat Moderasi Beragama Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember. Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I : Dr. Subakri, M.Pd.I. Pembimbing II : Dr. H. Mustajab, S.Ag, M.Pd.I
Kata Kunci : tema bhineka tunggal ika, projek danushion, moderasi beragama Karakter moderasi beragama merupakan salah satu karakter yang urgen bagi bangsa Indonesia yang mempunyai semboyan Bhineka Tunggal Ika. Dikatakan demikian sebab keberagaman yang ada harus disikapi dengan karakter moderat agar dapat mewujudkan kondisi masyarakat yang rukun dan damai. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Bhineka Tunggal Ika khususnya di SMAN 2 Jember diwujudkan dengan suatu Projek Danushion (SMADA (SMA 2) Nusantara Fashion).
Oleh karena itu, penelitian tesis ini akan berfokus pada 1)Bagaimana penerapan tema bhineka tunggal ika pada projek danushion dalam memperkuat moderasi beragama siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember? 2)Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan tema bhineka tunggal ika pada projek danushion dalam memperkuat moderasi beragama siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember? 3)Apa saja nilai moderasi beragama yang lahir dari pelaksanaan projek danushion di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember? Dengan Tujuan Penelitian : 1)Menganalisis penerapan tema bhineka tunggal ika pada projek danushion dalam memperkuat moderasi beragama siswa di sekolah menengah atas negeri 2 jember 2)Menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan tema bhineka tunggal ika pada projek danushion dalam memperkuat moderasi beragama siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember 3)Menganalisis nilai moderasi beragama yang di lahirkan dari pelaksanaan Projek Danushion Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian tesis ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif yang berjenis case study karena bertujuan mengeksplorasi program yang diterapkan di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember. Dengan melaksanakan interview, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Selanjutnya data dianalisis dengan analisis data model Miles and Huberman. Kemudian menggunakan teknik meningkatkan ketekunan, teknik triagulasi, dan teknik menggunakan bahan referensi untuk menguji keabsahan data.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, yaitu : 1)Projek Danushion Di SMAN 2 Jember di terapkan dengan tiga alur yang di mulai dari Alur Perencanaan, Alur Pengelolaan, serta Alur Evaluasi dan Tindak Lanjut Projek Danushion. 2) Faktor pendukung pelaksanaan Projek Danushion meliputi faktor kolaborasi antar siswa, Sarana dan prasarana yang memadai, dan Dukungan berbagai pihak. Faktor penghambat dalam pelaksanaan Projek Danushion meliputi keterbatasan waktu, keterbatasan dana projek, dan Siswa menyewa kostum. 3) Nilai Moderasi yang lahir dari pelaksanaan Projek Danushion berupa nilai at- Tawasuth, Tasamuh, asy-Syura, al-Muwathanah, dan I’tiraf al-‘urf.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutmainah Mutma Inah
Date Deposited: 14 May 2025 07:05
Last Modified: 14 May 2025 07:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40821

Actions (login required)

View Item View Item