PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI SIDODADI 01 TEMPUREJO JEMBER

zaki, muhamad farhan (2025) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI SIDODADI 01 TEMPUREJO JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUHAMAD FARHAN ZAKI_201101010048.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

MUHAMAD FARHAN ZAKI. 2025: Penerapan Metode pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Sidodadi 01 Tempurejo Jember.
Kata Kunci: Metode Inkuiri, Pendidikan Agama Islam, Hasil Belajar.
Metode inkuiri merupakan rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk menemukan jawaban sendiri dari suatu masalah yang dipertanyakan. diperoleh informasi bahwa guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VI di Sekolah Dasar Negeri Sidodadi 01 Tempurejo Jember telah menerapkan metode pembelajaran inkuiri pada materi meneladani jasa khulafaurrasyidin untuk dunia.
Adapun fokus penelitian yang dibahas pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan penerapan metode inkuiri pada mata pelajaran pendidikan agama islam untuk meningkatkan hasil belajar siswa Di Sekolah Dasar Negeri Sidodadi 01 Tempurejo Jember ? 2) Bagaimana pelaksanaan penerapan metode inkuiri pada mata pelajaran pendidikan agama islam untuk meningkatkan hasil belajar siswa Di Sekolah Dasar Negeri Sidodadi 01 Tempurejo Jember? 3) Bagaimana evaluasi penerapan metode inkuiri pada mata pelajaran pendidikan agama islam untuk meningkatkan hasil belajar siswa Di Sekolah Dasar Negeri Sidodadi 01 Tempurejo Jember ?
Tujuan Penelitian ini adalah :1)Untuk mendeskripsikan perencanaan penerapan metode inkuiri pada mata pelajaran pendidikan agama islam untuk meningkatkan hasil belajar siswa Di Sekolah Dasar Negeri Sidodadi 01 Tempurejo Jember. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan penerapan metode inkuiri pada mata pelajaran pendidikan agama islam untuk meningkatkan hasil belajar siswa Di Sekolah Dasar Negeri Sidodadi 01 Tempurejo Jember. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi penerapan metode inkuiri pada mata pelajaran pendidikan agama islam untuk meningkatkan hasil belajar siswa Di Sekolah Dasar Negeri Sidodadi 01 Tempurejo Jember.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian adalah studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Sidodadi 01 dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. analisis model interaktif dari Miles, Huberman dan Saldana yaitu Pengumpulan Data (Data Collection), Kondensasi Data (Data Condensation), Penyajian Data (Data Display), Penarikan kesimpulan dan verifikasi (Drawing and verifying conclusions). Adapun keabsahan data diperoleh melalui dua teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa: Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa: 1) Perencanaan pada proses pembelajaran ada tiga komponen terdiri dari silabus,menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP, dan bahan ajar yaitu Meneladani jasa khulafaurrasyidin untuk dunia. 2) pelaksanaan terdiri dari 3 tahap yaitu pendahulua yang berisi guru mengucap salam dan berdoa, kegiatan inti yang berisi guru menerapkan metode inkuiri, penutup guru menutup pembelajaran dengan doa dan salam. 3) evaluasi implementasi model pembelajaran inkuiri yakni pendidik akan memberikan tes tulis pada kegiatan akhir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email kiron007911@gmail.com
Date Deposited: 19 May 2025 01:17
Last Modified: 19 May 2025 01:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40833

Actions (login required)

View Item View Item