Identifikasi miskonsepsi siswa menggunakan Three tier Diagnostic test pada materi pemanasan global kelas IX SMP Nurul Jadid Sukowono

Lestari, Ita ayu (2025) Identifikasi miskonsepsi siswa menggunakan Three tier Diagnostic test pada materi pemanasan global kelas IX SMP Nurul Jadid Sukowono. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ita Ayu Lestari_212101100002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Kata kunci: Miskonsepsi siswa, Three tier diagnostic test, Pemanasan global

Miskonsepsi adalah konsep yang tidak sesuai dengan konsep yang diakui oleh para ahli. Miskonsepsi yang tidak di identifikasi dengan segera akan menjadi penghambat untuk penguasaan konsep-konsep yang selanjutnya. Oleh karena itu, perlu dilakukan identifikasi terhadap siswa untuk menentukan langkah penanggulangannya. Salah satunya dengan menggunakan three-tier diagnostic test.
Fokus penelitian ini yakni 1) Bagaimana bentuk miskonsepsi siswa dengan kategori rendah pada materi pemanasan global yang teridentifikasi menggunakan three tier diagnostic test? 2) Bagaimana miskonsepsi siswa dengan kategori sedang pada materi sistem pemanasan global yang teridentifikasi menggunakan three tier diagnostic test? 3) Bagaimana miskonsepsi siswa dengan kategori tinggi pada materi sistem pemanasan global yang teridentifikasi menggunakan three tier diagnostic test? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa dengan kategori rendah, sedang, dan tinggi.
Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian yang diambil adalah 3 dari 26 siswa yang meliputi 1 siswa dari setiap kategori. Teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan tes, wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman dengan tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) siswa dengan miskonsepsi kategori rendah dengan persentase miskonsepsi yang terjadi yaitu sebesar 20% Artinya miskonsepsi yang terjadi pada siswa kecil. Jika dilihat dari jawaban siswa memiliki keyakinan bahwa jawaban ini sudah benar, kenyataannya mereka mengalami miskonsepsi. 2) Siswa yang mengalami miskonsepsi dengan kategori sedang dengan persentase sebesar 35%. dari jawabannya dapat diketahui siswa yang mengalami miskonsepsi belum memahami tentang dampak dari pemanasan global. 3) Siswa dengan miskonsepsi kategori tinggi dengan persentase miskonsepsi sebesar 75%. 15 dari 20 soal mengalami miskonsepsi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029902 Complex Physical Systems
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ita ayu Lestari
Date Deposited: 15 May 2025 03:49
Last Modified: 15 May 2025 03:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40863

Actions (login required)

View Item View Item