Dewi, Rini Sukma (2025) Implementasi Metode Gallery Walk Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Pada Materi Zat Adiktif dan Aditif di SMP Negeri 1 Tamanan Bondowoso. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI AHCMAD SIDDIQ JEMBER.
![]() |
Text
Rini Sukma Dewi 211101100010 (2).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Gallery Walk, Zat Aditif dan Adiktif
Motivasi dan hasil belajar siswa adalah dua faktor penting yang memengaruhi keberhasilan pembelajaran. Berdasarkan pengamatan di SMP Negeri 1 Tamanan, ditemukan bahwa siswa kurang termotivasi untuk belajar, terutama pada materi IPA mengenai zat aditif dan adiktif. Hal ini tercermin dari rendahnya keterlibatan siswa selama proses pembelajaran dan dominasi metode ceramah yang cenderung membosankan. Oleh karena itu, diperlukan inovasi pembelajaran yang interaktif dan efektif, salah satunya adalah metode Gallery Walk.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi metode (Gallery Walk) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi zat adiktif dan aditif di SMP Negeri 1 Tamanan Bondowoso? 2) Bagaimana implementasi metode (Gallery Walk) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Zat Aditif dan Adiktif di SMPN 1 Tamanan Bondowoso?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Tamanan Bondowoso. Analisis data dilakukan secara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan untuk memperoleh gambaran mendalam mengenai dampak implementasi metode Gallery Walk terhadap motivasi dan hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Gallery Walk secara signifikan meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Siswa menjadi lebih aktif, terlibat, dan memahami materi dengan lebih baik. Dengan demikian, metode ini direkomendasikan sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran IPA untuk menciptakan suasana belajar yang efektif dan bermakna.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029902 Complex Physical Systems 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Rini Sukma Rini Sukma Dewi |
Date Deposited: | 15 May 2025 04:47 |
Last Modified: | 15 May 2025 04:47 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40867 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |