PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FUN THINKERS BOOK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 JEMBER

Ustufiyah, Dina (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FUN THINKERS BOOK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI_DINA USTUFIYAH_202101040018-3.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Dina ustufiyah, 2025 : Pengembangan Media Fun Thinkers Book Pada Pembelajaran Matematika Materi KPK Dan FPB KELAS V Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember.
Kata Kunci : Media Fun Thinkers Book, Matematika
Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang dan matematika diskrit. Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini. Di MIN 3 Jember siswa cenderung merasa bosan dalam pembelajaran matematika, karena matematika merupakan ilmu berhitung sehingga siswa sulit untuk memahami materi tersebut. Dari permasalahan tersebut, pembelajaran matematika dengan menggunakan media Fun Thinkers Book akan menjadi solusi yang tepat digunakan sebagai media pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1.Bagaimana pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book pada pembelajaran matematika materi KPK dan FPB Kelas V Di MIN 3 Jember? 2.Bagaimana Kelayakan media Fun Thinkers Book pada pembelajaran matematika materi KPK dan FPB Kelas V Di MIN 3 Jember?
Maka tujuan dari penelitian ini adalah :Untuk mengetahui bagaimana pengembangan media Fun Thinkers Book pada pembelajaran matematika materi KPK dan FPB Kelas V Di MIN 3 Jember. Untuk mengetahui bagaimana Kelayakan dari media Fun Thinkers Book pada pembelajaran matematika materi KPK dan FPB Kelas V Di MIN 3 Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau biasa disebut Reseach and Development (R&D). Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE dengan tahapan Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Subjek uji coba dalam penelitian ini diantaranya ahli media,materi,pembelajaran, dan peserta didik kelas V MIN 3 Jember. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara serta angket. Instrumen pengumpulan data dengan penilaian angket dari ahli media, materi, pembelajaran dan respon peserta didik.
Hasil dari penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa 1). Produk yang dihasilkan pada penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran Fun Thinkers Book pada pembelajaran matematika materi KPK dan FPB Kelas V Di MIN 3 Jember. 2). Kelayakan media Fun Thinkers Book yang dikembangkan sangat valid (Layak) berdasarkan hasil angket uji validitas oleh 3 ahli validator dan respon peserta didik kelas V. Hasil dari validasi ahli media sebesar 85%, hasil dari ahli materi sebesar 87,5% . Dan ahli pembelajaran sebesar 95%. Adapun hasil angket respon peserta didik pada uji coba skala kecil yaitu sebesar 85% dan hasil angket respon peserta didik pada uji coba skala besar adalah 90%. Berdasarkan pernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa media Fun Thinkers Book yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0104 Statistics > 010405 Statistical Theory
Depositing User: Ms DINA USTUFIYAH
Date Deposited: 15 May 2025 07:28
Last Modified: 15 May 2025 07:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40886

Actions (login required)

View Item View Item