Nur Hidayah, Putri (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TERINTEGRASI KEISLAMAN PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII DI SMP PLUS DARUS SHOLAH JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
PUTRI NUR HIDAYAH_211101100035_IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TERINEGRASI KEISLAMAN PADA MATA PELAJARAN IL.pdf Download (4MB) |
Abstract
Putri Nur Hidayah, 2025 : Implementasi Pembelajaran Terintegrasi
Keislaman Pada Mata Pelajaran IPA kelas VII di SMP Plus Darus Sholah
Jember Tahun Pelajaran 2024/2025
Kata Kunci: Implementasi, Integasi Keislaman, Pembelajaran IPA
Pembelajaran terintegrasi keislaman adalah usaha untuk menyatukan
wahyu tuhan dengan hasil pemikiran manusia, tanpa mengabaikan peran tuhan,
maupun mengesampingkan keberadaan manusia. Dalam konteks ini, integrasi
berarti penggabungan antara agama dan ilmu pengetahuan untuk membentuk
pemahaman yang menyeluruh dan seimbang untuk peserta didik.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Implementasi
Pembelajaran Terintegrasi Keislaman Pada Mata P IPA kelas VII di SMP Plus
Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2024/2025? 2) Apa Saja Faktor
Pendukung dan Penghambat Implementasi Pembelajaran Terintegrasi Keislaman
Pada Pembelajaran IPA kelas VII di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun
Pelajaran 2024/2025? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan
Implementasi Pembelajaran Terintegrasi Keislaman Pada Mata P IPA kelas VII di
SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. 2) Mendeskripsikan
Apa Saja Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Pembelajaran
Terintegrasi Keislaman Pada Pembelajaran IPA kelas VII di SMP Plus Darus
Sholah Jember Tahun Pelajaran 2024/2025.
Pendekatan yang digunakan yakni pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yakni
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penentuan subjek penelitian
menggunakan purposive, kemudian analisis data menggunakan analisis Miles,
Huberman, dan Saldana dengan tahapan kondensasi data, penyajian data,
penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan hasil penelitian yang diperoleh dalam pembelajaran ini ialah:
(1) Implementasi Pembelajaran Terintegrasi Keislaman Pada Mata Pelajaran IPA
Kelas VII di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2024/2025.
Implementasi terbagi atas tiga komponen yakni Perencanaan, Pelaksanaan,
Evaluasi. (2) Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Pembelajaran
Terintegrasi Keislaman Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII di SMP Plus Darus
Sholah Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. (a) Faktor Pendukung. Buku Ajar IPA
yang terintegrasi, dan seminar/program pelatihan guru untuk integrasi Keislaman.
(b) Faktor penghambat. Keterbatasan wawasan guru tentang integrasi Islam, Tidak
adanya kurikulum atau buku ajar IPA yang terintegrasi, Keterbatasan Materi IPA
yang bisa di Integrasikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Putri nur putri Hidayah |
Date Deposited: | 16 May 2025 03:16 |
Last Modified: | 16 May 2025 03:16 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40897 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |