Metode Pembiasaan Dalam Meningkatkan Kemandirian Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Harapan Indah Kecamatan Sumbersari Jember Tahun Ajaran 2024/2025

Maulina, Annisa (2025) Metode Pembiasaan Dalam Meningkatkan Kemandirian Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Harapan Indah Kecamatan Sumbersari Jember Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ANNISA MAULINA_212101050030.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Annisa Maulina, 2025 :“ Metode Pembiasaan Dalam Meningkatkan Kemandirian Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Harapan Indah Kecamatan Sumbersari Jember Tahun Ajaran 2024/2025.”

Kata Kunci : Metode Pembiasaan, Kemandirian, Anak Usia Dini.

Metode pembiasaan adalah cara efektif untuk membiasakan anak beraktivitas secara rutin dan konsisten. Salah satu potensi yang perlu dikembangkan adalah kemandirian, yaitu kemampuan anak melakukan aktivitas sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Kurangnya kemandirian anak di TK Harapan Indah disebabkan oleh kebiasaan orang tua yang selalu melayani mereka. Oleh karena itu, metode pembiasaan perlu diterapkan untuk meningkatkan kemandirian anak.
Fokus penelitian ini adalah :1)Bagaimana metode pembiasaan dalam meningkatkan kemandirian pada anak usia 5-6 tahun di TK Harapan Indah Kecamatan Sumbersari Jember tahun ajaran 2024/2025. 2) Bagaimana peningkatan kemandirian anak setelah melakukan metode pembiasaan di TK Harapan Indah Kecamatan Sumbersari Jember tahun ajaran 2024/2025?
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini bertempat di TK Harapan Indah Kecamatan Sumbersari Jember. Subjek ditentukan melalui purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Metode pembiasaan diterapkan secara rutin dan konsisten melalui kegiatan sederhana, seperti anak makan sendiri, membereskan mainan sendiri, dan mengerjakan tugas sekolah sendiri. Guru mendukung proses ini dengan memberi contoh, latihan, kesempatan beraktivitas sendiri, melibatkan anak dalam pengambilan keputusan, dan memberikan motivasi. 2) Setelah melakukan metode pembiasaan, kemandirian anak meningkat. Anak yang awalnya bergantung pada orang lain menjadi lebih mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Annisa Maulina
Date Deposited: 19 May 2025 03:44
Last Modified: 19 May 2025 03:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40902

Actions (login required)

View Item View Item