Pengembangan Media Pembelajaran Multiplication Smart Board (MISBOARD) Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III-A SDS Islam Ulul Albab Sempusari Kaliwates Jember Tahun 2025/2025

Widiyanto, Haris (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Multiplication Smart Board (MISBOARD) Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III-A SDS Islam Ulul Albab Sempusari Kaliwates Jember Tahun 2025/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI HARIS WIDIYANTO - Watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Multiplication Smart Board (MISBOARD), Matematika
Media pembelajaran sangatlah penting dalam pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan di SDS Islam Ulul Albab sangat terbatas yaitu berupa buku LKS dan media yang masih sangat terbatas yaitu hanya menggunakan media berupa kelereng yang dimasukkan ke dalam gelas. Maka dari itu perlu inovasi dalam membuat media pembelajaran. Media pembelajaran Multiplication Smart Board (MISBOARD) merupakan media papan perkalian yang di bagian depannya terdapat angka-angka perkalian 1-10, lalu terdapat slider angka di depannya yang digunakan untuk menghitung soal serta desain yang dibuat menarik agar menarik minat serta antusiasme peserta didik.
Fokus penelitian: 1) Bagaimana proses pengembangan media pembelajaran Multiplication Smart Board (MISBOARD) pada mata pelajaran Matematika siswa kelas III-A SDS Islam Ulul Albab? 2) Bagaimana kelayakan pengembangan media pembelajaran Multiplication Smart Board (MISBOARD) pada mata pelajaran Matematika siswa kelas III-A SDS Islam Ulul Albab? 3) Bagaimana respon siswa saat penggunaan media pembelajaran Multiplication Smart Board (MISBOARD) pada mata pelajaran Matematika siswa kelas III-A SDS Islam Ulul Albab?
Tujuan penelitian: 1) Untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran Multiplication Smart Board (MISBOARD) pada mata pelajaran Matematika siswa kelas III-A SDS Islam Ulul Albab. 2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Multiplication Smart Board (MISBOARD) pada mata pembelajaran Matematika siswa kelas III-A di SDS Islam Ulul Albab. 3) Untuk mengetahui respon siswa saat penggunaan media Multiplication Smart Board (MISBOARD) pada mata pelajaran Matematika siswa kelas III-A SDS Islam Ulul Albab.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, proses pengembangan media dilakukan sesuai dengan tahapan ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Kedua, hasil kelayakan media pembelajaran ini dilakukan kepada beberapa ahli yaitu ahli media 92%, ahli materi 96%, dan ahli pembelajaran 94%, dan dari akumulasi ketiga ahli tersebut memperoleh kategori sangat layak. Ketiga, hasil respon dari peserta didik yaitu 92.16% dan termasuk kategori sangat layak. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran termasuk kategori sangat layak untuk diterapkan pada pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Haris Widiyanto
Date Deposited: 19 May 2025 08:01
Last Modified: 19 May 2025 08:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40953

Actions (login required)

View Item View Item