PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MINIATUR DENAH TIGA DIMENSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IV-B DI SEKOLAH DASAR SWASTA ISLAM ULUL ALBAB KALIWATES-JEMBER

Jannah, Siti Hajarotul (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MINIATUR DENAH TIGA DIMENSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IV-B DI SEKOLAH DASAR SWASTA ISLAM ULUL ALBAB KALIWATES-JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI JANNAH + LAMPIRAN REVISI SIDANG fikssss - Copy.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Kata kunci: Media pembelajaran, Media denah tiga dimensi, Bahasa Indonesia

Pengembangan media miniatur denah tiga dimensi ialah media pembelajaran yang dibuat sebagai alternatif bagi guru dalam menjelaskan materi saat proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran bahasa indonesia Peserta Didik sulit memahami materi pembelajaran dan kurang antusias dalam belajar dikarenakan guru tidak menggunakan media pembelajaran, media pembelajaran miniatur denah tiga dimensi sangat cocok bagi Peserta Didik dikarenakan dalam media ini terdapat beberapa elemen yang menarik perhatian mereka sehingga mampu menciptakan nuansa baru dalam proses pembelajaran.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana proses pengembangan media pembelajaran miniatur denah tiga dimensi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas IV-B di Sekolah Dasar Swasta Islam Ulul Albab Kaliwates-Jember? 2).Bagaimana kelayakan media pembelajaran miniatur denah tiga dimensi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didikkelas IV-B di di Sekolah Dasar Swasta Islam Ulul Albab Kaliwates-Jember? 3).Bagaimana keefektifan media pembelajaran miniatur denah tiga dimensi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didikkelas IV-B di di Sekolah Dasar Swasta Islam Ulul Albab Kaliwates-Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1).Untuk menghasilkan produk yang berupa media pembelajaran Miniatur Denah Tiga Dimensi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik kelas IV-B di di Sekolah Dasar Swasta Islam Ulul Albab Kaliwates-Jember 2).Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Miniatur Denah Tiga Dimensi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV-B di di Sekolah Dasar Swasta Islam Ulul Albab Kaliwates-Jember .3).Untuk mengetahui keefektifan Peserta Didikdalam penggunaan media pembelajaran Miniatur Denah Tiga Dimensi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didikkelas IV-B di di Sekolah Dasar Swasta Islam Ulul Albab Kaliwates-Jember.
Penelitian ini menggunakan metode pengembangan yang disebut dengan istilah R&D atau Research and Development. Model yang digunakan pada penelitian ini yakni model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, pengisian angket dan tes. Kemudian teknik analisis data penelitian ini terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil pada penelitian menunjukan bahwa: 1) proses pengembangan media pembelajaran miniatur denah tiga dimensi menggunakan model ADDIE yaitu tahap analisi, tahap desain, tahap development dengan melakukan validasi kepada validator, tahap implementasi dilakukan dengan 2 tahap yaitu tahap skala kecil dan tahap skala besar, tahap evaluasi yaitu kesimpulan produk dengan aspek kevalidan,kepraktisan dan keefektifan. 2).tingkat kelayakan media miniatur denah tiga dimensi dari ahli media 92% dan ahli materi 86%,keduanya dalam kategori sangat layak 3) efektivitas mencapai hasil 73%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Siti Hajarotul Jannah
Date Deposited: 19 May 2025 07:58
Last Modified: 19 May 2025 07:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40954

Actions (login required)

View Item View Item