ARIZA MAGHFIROTUL, IZZATI (2021) Penerapan Media Buku Bergambar Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar Al-Furqon Jenggawah-Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iah.
Text
ARIZA MAGHFIROTUL IZZATI_ 084144045.pdf Download (12MB) |
Abstract
Ariza Maghfirotul Izzati, 2021: Penerapan Media Buku Bergambar Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar Al-Furqon Jenggawah-Jember. Pembelajaran tematik adalah system pembelajaran memiliki tujuan untuk Meningkatkan pemahaman konsep yang dipelajarinya secara lebih bermakna. Mengembangakan ketrampilan menemukan, mengolah, dan memanfaatkan informasi.Menumbuh kembangkan keterampilan sosial seperti kerja sama, toleransi, serta menghargai pendapat orang lain. Fokus penelitian ini meliputi; (1) Bagaimana perencanaan penerapan media buku bergambar dalam pembelajaran tematik siswa kelas IV Di Sekolah Dasar Al-Furqon Jenggawah-Jember?, (2) Bagaimana pelaksanaan Penerapan media buku bergambar dalam pembelajaran tematik siswa kelas IV Di Sekolah Dasar Al-Furqon Jenggawah-Jember?, (3), Bagaimana evaluasi penerapan media buku bergambar dalam pembelajaran tematik siswa kelas IV Di Sekolah Dasar Al-Furqon Jenggawah-Jember?. Tujuan penelitian ini adalah; (1) Mendiskripsikan perencanaan penerapan media buku bergambar dalam pembelajaran tematik siswa kelas IV Di Sekolah Dasar Al-Furqon Jenggawah-Jember, (2) Mendiskripsikan pelaksanaan penerapan media buku bergambar dalam pembelajaran tematik siswa kelas IV Di Sekolah Dasar Al-Furqon Jenggawah-Jember, (3) Mendiskripsikan Evaluasi penerapan media buku bergambar dalam pembelajaran tematik siswa kelas IV Di Sekolah Dasar Al-Furqon Jenggawah-Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif Teknik pengumpulan data yang di gunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian menggunakan purposive. Analisis data model Miles dan Huberman . Sedangkan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber, dan trianggulasi waktu. Hasil penelitian ini adalah; (1). Dalam pelaksanaan penerapan media pembelajaran berbasis buku bergambar materi guru menyampaikan cerita yang ada di media buku cerita bergambar tersebut dengan baik, dan setelah itu guru akan melakukan penilain dengan cara menanyakan balik apa yang telah mereka simak dalam cerita tersebut, agar guru tau apakah siswa-siswi memperhatikan guru pada saat membacakan media buku cerita bergambar tersebut.(2) Dalam pelaksanannya guru kelas IV SD Al-fuqon Cangkring Kecamatan Jenggawah memakai metode bercerita serta, metode tanya jawab, kemudian guru-guru harus menggunakan beragam ekspresi pada saat menyampaikan cerita kepada anak agar lebih menarik. (3). Perencanaan evaluasi yang digunakan pada penerapan media berbasis buku bergambar pada siswa siswi kelas IV yaitu evaluasi berupa tes tulis dan tes lisan yang berupa unjuk kerja. Selain untuk memantapkan pemahaman materi yang telah disampaikan oleh guru melalui media buku bergambar, maka untuk itu perlu disediakan tes yaitu melalui tes lisan ataupun tes tulis yang harus dikerjakan atau dipresentasikan oleh siswa kelas IV sebagai umpan balik dari umpan balik yang di peroleh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 08:10 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 08:10 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4096 |
Actions (login required)
View Item |