Implementasi Quantum Teaching Pada Pembelajaran Tematik Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Ulum Kandangrejo-Umbulsari-Jember Tahun Pelajaran 2020/2021.

Faiqotul Isma Azizah, - (2021) Implementasi Quantum Teaching Pada Pembelajaran Tematik Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Ulum Kandangrejo-Umbulsari-Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, akultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
Faiqotul Isma Azizah_T20174082.pdf

Download (2MB)

Abstract

Faiqotul Isma Azizah, 2021: Implementasi Quantum Teaching Pada Pembelajaran Tematik Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Ulum Kandangrejo-Umbulsari-Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata kunci: Quantum Teaching, kognitif, afektif, psikomotorik. Quantum Teaching merupakan pengubahan bermacam-macam interaksi yang ada di dalam dan di sekitar momen belajar. Penelitian ini dilakukan di MI Mambaul Ulum Kandangrejo, yang mana dalam proses pembelajaran peserta didik yang awalnya bersikap pasif di dalam kelas berubah menjadi lebih aktif setelah guru menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan peserta didik. Model pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran tematik. Adapun indikator yang digunakan dalam mengukur kemampuan peserta didik meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Fokus yang yang dikaji dalam penelitian ini ada 3 yaitu, 1) Bagaimana Implementasi Quantum Teaching pada Pembelajaran Tematik Kelas V dalam Aspek Kognitif di MI Mambaul Ulum Kandangrejo Tahun Pelajaran 2020/2021? 2) Bagaimana Implementasi Quantum Teaching pada Pembelajaran Tematik Kelas V dalam Aspek Afektif di MI Mambaul Ulum Kandangrejo Tahun Pelajaran 2020/2021? 3) Bagaimana Implementasi Quantum Teaching pada Pembelajaran Tematik Kelas V dalam Aspek Psikomotorik di MI Mambaul Ulum Kandangrejo Tahun Pelajaran 2020/2021? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan Quantum Teaching pada pembelajaran tematik kelas V dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik di MI Mambaul Ulum Kandangrejo Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya menggunakan Field Research (Penelitian Lapangan). Penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan deskriptif kualitatif sesuai teori Milles Huberman, dan Saldana yaitu menganalisis data dengan tiga langkah: Kondensasi Data, Penyajian Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan/Verifikasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh hasil: 1) Aspek kognitif mampu meningkatkan kemampuan berfikir kritis, memahami pemebelajaran, mengerjakan tugas atau latihan dan memberikan pertanyaan serta jawaban yang sesuai. 2) Aspek afektif mampu membuat rasa ingin tahu peserta didik meningkat, lebih fokus belajar, dan memiliki sikap semakin percaya diri dan berani, 3) Aspek psikomotorik mampu membuat peserta didik mempraktikkan media pembelajaran dengan baik, peserta didik mampu menyebutkan nama dan bagian organ peredaran darah, peserta didik mampu menunjukkan bagian organ peredaran darah dengan menggunakan media.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 21 Apr 2022 08:10
Last Modified: 21 Apr 2022 08:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4098

Actions (login required)

View Item View Item