Azizah, Wilya Ainun (2025) Dinamika budaya konsumsi dan media sosial pada pengeluaran keuangan mahasiswa febi uin khas jember. Undergraduate thesis, UIN KH.Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Wilya Ainun Azizah _212105030004_Watermark.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Pengelolaan keuangan yang baik sangat penting dalam menghadapi
tekanan konsumsi dan media sosial yang semakin kompleks. Mahasiswa FEBI
UIN Khas Jember sebagai salah satu kelompok yang rentan terhadap pengaruh
budaya konsumtif dan media sosial, perlu memiliki kesadaran dan pengetahuan
yang baik tentang pengelolaan keuangan pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis dampak budaya konsumsi dan media sosial terhadap pengeluaran
keuangan mahasiswa FEBI UIN Khas Jember, serta untuk mengidentifikasi
strategi pengelolaan keuangan yang efektif bagi mahasiswa.
Fokus penelitian ini: 1) Bagaimana budaya konsumsi mahasiswa di FEBI
UIN KHAS Jember? 2) Bagaimana Penggunaan Media Sosial pada Mahasiwa di
FEBI UIN KHAS Jember? 3) Bagaimana mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember
dapat mengelola dinamika pengeluaran keuangan dalam menghadapi budaya
konsumsi dan media sosial?
Tujuan penelitian ini: 1) Untuk mengetahui bagaimana budaya konsumsi
mahasiswa di FEBI UIN KHAS Jember. 2) Untuk mengetahui bagaimana
penggunaan Media Sosial pada mahasiswa di FEBI UIN KHAS Jember. 3) Untuk
mendeskripsikan bagaimana mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember dapat
mengelola dinamika pengeluaran keuangan dalam menghadapi budaya konsumsi
dan media sosial.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penelitian lapangan.
Penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode
observasi, dokumentasi, dan wawancara. Metode wawancara digunakan untuk
memperkuat dan memperdalam kajian objek penelitian. Fokus penelitian ini
adalah dampak dari budaya konsumsi dan media sosial terhadap dinamika
pengeluaran mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember.
Mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember telah menunjukkan kemampuan
yang signifikan dalam mengelola pengeluaran keuangan mereka, serta
membedakan antara kebutuhan dan keinginan dalam menghadapi tekanan
konsumsi dan media sosial. Mereka telah memiliki kemampuan kritis dan analitis
yang baik dalam menilai dan memilih informasi yang tepat, serta mengambil
keputusan yang bijak dalam menghadapi budaya konsumsi dan media sosial.
Dengan demikian, mahasiswa telah siap untuk menghadapi tantangan dan
kesempatan yang ditawarkan oleh budaya konsumsi dan media sosial, serta
memainkan peran yang aktif dan bertanggung jawab dalam mengembangkan masyarakat yang lebih bijak dan berkelanjutan.
Kata Kunci: Budaya Konsumsi, Media Sosial, Pengeluaran Keuangan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200203 Consumption and Everyday Life 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200204 Cultural Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah |
Depositing User: | Ms. Wilya Ainun Azizah |
Date Deposited: | 21 May 2025 04:07 |
Last Modified: | 21 May 2025 04:07 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40993 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |