Jannah, Kholifah Miftahul (2025) Manajemen Kesiswaan untuk Mencegah Bullying di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tanggul Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Kholifah Miftahul Jannah_212101030003.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Kholifah Miftahul Jannah, 2024: Manajemnen Kesiswaan Dalam Mencegah
Bulying Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tanggul.
Kata kunci: Manajemen kesiswaan, Mencegah Bullying, Sekolah Menengah
Atas Negeri 2 Tanggul.
Meningkatnya kasus bullying pada anak usia menengah saat ini sangatlah
mengkhawatirkan. yang seharusnya menjadi tempat belajar siswa yang nyaman
dan aman, justru menjadi tempat meningkatnya perilaku bullying. Sekolah
Menengah Atas Negeri 2 tanggul merupakan salah satu seminari yang terdepan
dalam mengurangi perilaku bullying melalui optimalisasi pengelolaan siswa
dalam kegiatan kurikuler dan layanan bimbingan dan konseling khusus.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana manajemen
kesiswaan dalam mencegah bullying secara fisik di SMAN 2 Tanggul Jember 2)
Bagaimana manajemen kesiswaan dalam mencegah bullying secara verbal di
SMAN 2 Tanggul Jember 3) Bagaimana manajemen kesiswaan dalam mencegah
bullying secara sosial di SMAN 2 Tanggul Jember.
Tujuan penelitian adalah: 1) Untuk mendeskripsikan manajemen
kesiswaan dalam mencegah bullying secara fisik di SMAN2 Tanggul. 2) Untuk
mendeskripsikan manajemen kesiswaan dalam mencegah bullying secara verbal di
SMAN2 Tanggul. 3) Untuk mendeskripsikan manajemen kesiswaan dalam
mencegah bullying secara sosial di SMAN2 Tanggul
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe studi kasus
deskriptif. Pemilihan topik untuk penelitian ini memiliki tujuan Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi partisipan pasif, wawancara semi
terstruktur, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi
sumber, triangulasi teknis, dan menggunakan model interaktif metode analisis
data kualitatif Miles, Huberman, dan Saldana Model ini terdiri dari pengumpulan
data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
ini adalah sebagai berikut: 1) Perencanaan manajemen kesiswaan dalam
penerimaan siswa baru sekolah mempunyai beberapa pertimbangan dan kriteria,
pertama mentargetkan calon siswa yang akan diterima, mempertimbangkan
kelayakan dan ketersediaan ruang kelas. 2) Pelaksanaan manajemen kesiwaan
dalam mencegah bullying meliputi: pemberian pendidikan agama, penegakan
peraturan sekolah, pemberian layanan bimbingan dan konseling pembinaan
terhadap siswa secara akademik dengan pendekatan secara klasikal seperti
mengajar di kelas yang menanamkan nilai moral dan karakter dan Pembinaan
secara non akademik dengan menerap kan sosialisasi tata tertib. Pencegahan,
pembinaan. 3) evaluasi dapat di lakukan dengan berkomunikasi atau rapat forum dengan wali kelas dan guru mapel. Mengumpulkan seluruh masalah-masalah dari wali kelas dengan mengkonversi kasus
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Kholifah Miftahul Jannah |
Date Deposited: | 20 May 2025 08:25 |
Last Modified: | 20 May 2025 08:25 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41055 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |