Dwi saputri, Nailu irhami (2025) Implementasi Media Alqur'an Braille Digital Dalam Peningkatan Kemampuan Menghafal Siswa Tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri Branjangan Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Nailu Irhami Dwi Saputri_212101010061.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci: Al-Qur’an Braille Digital, Kemampuan Menghafal, Siswa Tunanetra
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keseimbangan kebutuhan pengetahuan umum dan agama pada siswa tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri Branjangan Jember. Kelas tunanetra pada sekolah ini memiliki kegiatan hafalan Al-Qur’an. Namun keterbatasan yang dimiliki siswa tunanetra menjadi hambatan untuk bisa memiliki bacaan Al-Qur’an yang sesuai dengan kaidah. Guru mengaji tunanetra sebagai fasilitator memberikan media Al-Qur’an Braille Digital untuk membantu kesukaran siswa tunanetra dalam menghafal Al-Qur’an dengan pemanfaatan fitur audio, pena khusus, dan tombol mengulang otomatis. Peneliti tertarik untuk meneliti hal ini karena Penggunaan Al-Qur’an Braille masih jarang diteliti, disebabkan minimnya penyandang tunanetra yang memiliki media tersebut.
Fokus penelitian dalam skripsi diantaranya: 1) Bagaimana implementasi media Al-Qur’an Braille Digital dalam peningkatan kemampuan membaca siswa tunanetra? 2) Bagaimana implementasi media Al-Qur’an Braille Digital dalam peningkatan kemampuan melafalkan ayat Al-Qur’an siswa tunanetra? 3) Bagaimana implementasi media Al-Qur’an Braille Digital dalam peningkatan kemampuan mengingat ayat Al-Qur’an siswa tunanetra?
Tujuan dari adanya penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan meningkatnya kemampuan membaca (Tajwid, makharijul huruf, dan shifatul huruf), melafalkan (fashohah), dan mengingat ayat Al-Qur’an pada siswa tunanetra dengan menggunakan media Al-Qur’an Braille Digital di SLB Negeri Branjangan Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di kelas tunanetra Sekolah Luar Biasa Negeri Branjangan Jember. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles and Huberman dengan tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, hingga penarikan kesimpulan dan verivikasi. Triangulasi sumber dan triangulasi teknik dilakukan untuk menguji keabsahan data.
Hasil dalam penelitian ini peneliti menemukan: 1) Kemampuan membaca Al-Qur’an sesuai kaidah Tajwid, makharijul huruf, dan shifatul huruf dengan pemanfaatan fitur audio. 2) Kemampuan melafalkan sesuai dengan Al-waqfu wa al ibtida’, mura’atul huruf wa al harakat, dan mura’atul kalimah wa al ayat melalui pemanfaatan murottal qori’-qori’ masyhur. 3) Kemampuan mengingat dibuktikan dengan kelancaran dan ketepatan jawaban saat sambung ayat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Nailu Irhami Dwi Saputri |
Date Deposited: | 21 May 2025 06:19 |
Last Modified: | 21 May 2025 06:19 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41057 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |