Ainun Husnah, - (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline 3 pada Materi Ekosistem Kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Yosowilangun Lumajang Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguran Program Studi Tadris Biologi.
Text
Ainun Husnah_T20178042.pdf Download (25MB) |
Abstract
Ainun Husnah, 2021: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline 3 pada Materi Ekosistem Kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Yosowilangun Lumajang Tahun Pelajaran 2020/2021 Kata Kunci: Media pembelajaran interaktif, articulate storyline 3, ekosistem Articulate storyline 3 merupakan salah satu multimedia authoring tools yang digunakan untuk membuat media pembelajaran interaktif dengan konten yang berupa gabungan dari teks, gambar, suara, grafik, animasi dan video. Pada proses pembelajaran media pembelajaran yang sering digunakan adalah microsoft office power point. Namun, dalam penggunaannya media pembelajaran microsoft office power point masih belum meningkatkan minat belajar siswa. Oleh karena itu, media pembelajaran perlu dikembangkan dengan menggunakan articulate storlyline 3 agar siswa lebih tertarik dan berminat untuk belajar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline 3 pada materi ekosistem kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Yosowilangun Lumajang tahun pelajaran 2020/2021? 2) Bagaimana kevalidan media pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline 3 pada materi ekosistem kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Yosowilangun Lumajang tahun pelajaran 2020/2021? 3) Bagaimana respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline 3 pada materi ekosistem kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Yosowilangun Lumajang tahun pelajaran 2020/2021? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline 3 pada materi ekosistem kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Yosowilangun Lumajang tahun pelajaran 2020/2021? 2) Untuk mendeskripsikan kevalidan media pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline 3 pada materi ekosistem kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Yosowilangun Lumajang tahun pelajaran 2020/2021? 3) Untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline 3 pada materi ekosistem kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Yosowilangun Lumajang tahun pelajaran 2020/2021? Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Researchdengan model ADDIE. Subjek uji coba pada penelitian ini melibatkan 3 ahli materi, 3 ahli media, 3 guru biologi dan 12 siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Yosowilangun Lumajang. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: 1) Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline 3 pada materi ekosistem dilakukan melalui lima tahapan yaitu analysis, design, develop, implement dan evaluate 2) Hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata persentase sebesar 92,79% dengan kategori sangat valid, hasil validasi ahli media memperoleh rata�rata persentase sebesar 95,55% dengan kategori sangat valid dan hasil validasi guru biologi memperoleh rata-rata persentase sebesar 90,90% dengan kategori sangat valid. 3) Hasil respon siswa pada uji coba terbatas memperoleh rata-rata persentase sebesar 84,68% dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 08:09 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 08:09 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4107 |
Actions (login required)
View Item |