Rosidah, Malikatur (2025) Penerapan Metode Qiro’ati Dalam Pelajaran Bacaan Gharib Musykilat Dan Hati-Hati Dalam Al-Qur’an Di Taman Pendidikan AlQur’an (TPQ) Pancuran Ilmu Kedungringin Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
MALIKATUR ROSIDAH_T20191130.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penerapan Metode Qiro’ati Dalam Pelajaran Bacaan
Gharib Musykilat Dan Hati-Hati Dalam Al-Qur’an Di Taman Pendidikan AlQur’an (TPQ) Pancuran Ilmu Kedungringin Banyuwangi.
Kata Kunci: Metode Qiro‟ati, Gharib Musykilat, Al-Qur‟an.
Metode merupakan salah satu metode pembelajaran Al-Qur‟an yang dapat
digunakan untuk membantu dalam belajar membaca Al-Qur‟an yang sesuai
dengan ilmu tajwid sekaligus diperkenalkan dengan bacaan aneh atau sering
disebut dengan Gharib Musykilat. Taman pendidikan Al-Qur‟an (TPQ) Pancuran
Ilmu Kedungringin merupakan salah satu lembaga pembelajaran yang
menggunakan metode Qiro‟ati ini, penggunaan metode ini dianggap mampu
mempercepat santri santriwati belajar membaca Al-Qur‟an.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1.) Bagaimana penerapan metode
Qiro‟ati dalam pelajaran bacaan Gharib Musykilat dan hati-hati dalam Al-Qur‟an
di Taman Pendidikan Al-Qur‟an (TPQ) Pancuran Ilmu Kedungringin Banyuwangi?
2.) Bagaimana hasil penerapan metode Qiro‟ati dalam pelajaran bacaan Gharib
Musykilat dan hati-hati dalam Al-Qur‟an di Taman Pendidikan Al-Qur‟an (TPQ)
Pancuran Ilmu Kedungringin Banyuwangi?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1.) Untuk mengetahui penerapan metode
Qiro‟ati dalam pelajaran bacaan Gharib Musykilat dan hati-hati dalam Al-Qur‟an
di Taman Pendidikan Al-Qur‟an (TPQ) Pancuran Ilmu Kedungringin Banyuwangi.
2.) Untuk mengetahui hasil penerapan metode Qiro‟ati dalam pelajaran bacaan
Gharib Musykilat dan hati-hati dalam Al-Qur‟an di Taman Pendidikan Al-Qur‟an
(TPQ) Pancuran Ilmu Kedungringin Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif.
Teknik penentuan subjek menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan
data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan
anlisis data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, kondensasi data,
penarikan kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi
sumber dan triagulasi teknik.
Adapun data yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwasannya penerapan
metode Qiro‟ati dalam pembelajaran Al-Qur‟an dan Gharib diawali dengan
beberapa tahapan yang pertama perencanaan dan pelaksanaan. Untuk perencanaan
dengan membaca do‟a akan belajar bersama dan mempersiapkan seluruh peralatan
belajar, sedangkan tahap pelaksanaan dengan membaca Al-Qur‟an serta setoran
hafalan materi Gharib Musykilat oleh masing-masing santri santriwati. Hasil dari
penerapan metode Qiro‟ati dalam pembelajaran Al-Qur‟an dan Gharib dapat
dilihat dari nilai-nilai setiap evaluasi harian dan nilai dari ujian lembaga atau
kenaikan jilid oleh santri santriwati. Di mana dari 16 santri santriwati terdapat 15
anak yang mendapatkan nilai L (Lancar) dan 1 anak yang mendapatkan nilai L-
(Tidak Lancar). Sedangkan untuk ujian lembaga 15 santri santriwati lulus dan
naik ke kelas tajwid dan satu anak belum bisa mengikuti ujian lembaga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Al-Qur'an Malikatur Rosidah |
Date Deposited: | 21 May 2025 08:07 |
Last Modified: | 21 May 2025 08:07 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41116 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |