Pengembangan Majalah Sains Digital Berbasis Literasi Sains Pada Materi Pemanasan Global Untuk Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Rambipuji

Mahdia Fitria, - (2021) Pengembangan Majalah Sains Digital Berbasis Literasi Sains Pada Materi Pemanasan Global Untuk Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Rambipuji. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris IPA.

[img] Text
Mahdia Fitria_T201710084.pdf

Download (12MB)

Abstract

Mahdia Fitria, 2021: Pengembangan Majalah Sains Digital Berbasis Literasi Sains Pada Materi Pemanasan Global Untuk Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Rambipuji Kata Kunci: Majalah Sains, Literasi Sains, Pemanasan Global Majalah sains merupakan bahan ajar digital yang dibalut dengan literasi sains yang dikemas menjadi majalah untuk teknologi saat ini yang lebih disukai peserta didik karena dapat menarik perhatian peserta didik. Berdasarkan analisis kebutuhan bahwasanya tidak adanya literasi pendukung pemahaman materi berupa bahan ajar yang dapat menunjang pemahaman siswa pada materi pemanasan global serta kurangnya minat baca siswa sehingga literasi yang dimiliki siswa juga kurang. Oleh karena itu, berdasarkan kondisi tersebut, perlu adanya pengembangan bahan ajar majalah sains berbasis literasi sains. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan validasi produk majalah sains berbasis literasi sains pada pembelajaran IPA pokok bahasan Pemanasan Global kelas VII di SMP Negeri 1 Rambipuji. (2) mendeskripsikan respons siswa terhadap majalah sains berbasis literasi sains pada pembelajaran IPA pokok bahasan Pemanasan Global kelas VII di SMP Negeri 1 Rambipuji. Penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan R&D (research & development) dengan model Hannafin and Peck yang memiliki tiga desain pembelajaran yaitu Analisis Kebutuhan (Needs Assess), Desain (Design), Pengembangan/ Implementasi (Develop/ Implement). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berupa majalah sains berbasis literasi sains berdasarkan penilaian ahli materi memenuhi kriteria validasi yaitu sebesar 95%, ahli media memenuhi kriteria validasi sebesar 86,15%, dan respons siswa menyatakan menarik 87,11%, sehingga bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan menarik. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: bahan ajar majalah sains berbasis literasi sains sangat valid digunakan dalam proses pembelajaran dan memenuhi kriteria menarik untuk digunakan pada mata pelajaran IPA materi pemanasan global di SMP Negeri 1 Rambipuji.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 21 Apr 2022 08:08
Last Modified: 21 Apr 2022 08:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4119

Actions (login required)

View Item View Item