Al-Asul, Wilda (2025) Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Mengurangi Kecemasan Matematika Siswa Pada Materi Aljabar Kelas VII di SMP Negeri 4 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Wilda Al-Asul_212101070022.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Wilda Al-Asul, 2025: Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mengurangi Kecemasan Matematika Siswa Pada Materi Aljabar Kelas VII di SMP Negeri 4 Jember.
Keyword: Pembelajaran Berdiferensiasi; Kecemasan Matematika.
Matematika masih menjadi momok bagi para siswa karena matematika terkesan mata pelajaran yang susah di pahami, membosankan, membuat stres dan mankutkan. Sehingga menyebabkan munculnya rasa cemas saat mengukuti pembelajaran matematika. Pembelajaran berdiferensiasi mungkin menjadi alternatif cara untuk mengurangi kecemasan matematika karena pada pembelajaran berdiferensiasi di sesuikan dengan kebutuhan, minat, dan kemampuan siswa.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana kecemasan matematika sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran berdiferensiasi pada materi aljabar kelas VII di SMP Negeri 4 Jember? 2) Bagaimana kecemasan matematika sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran konvensional pada materi aljabar kelas VII di SMP Negeri 4 Jember? 3) Bagaimana efektifitas pembelajaran berdiferensiasi dalam mengurangi kecemasan matematika siswa pada materi aljabar kelas VII di SMP Negeri 4 Jember? Berdasarkan rumusan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kecemasan matematika siswa sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada materi aljabar kelas VII di SMP Negeri 4 Jember. 2) Mengetahui kecemasan matematika siswa sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran konvensional pada materi aljabar kelas VII di SMP Negeri 4 Jember. 3) Mengetahui efektifitas pembelajaran berdifirensiasi dalam mengurangi kecemasan matematika siswa pada materi aljabar kelas VII di SMP Negeri 4 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Jember berjumlah 164 siswa dan 66 siswa menjadi sampel. Teknik pengungumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Data hasil penelitian di analisis menggunakan uji independent sample t-test.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa: 1) Rata-rata kecemasan matematika sebelum pembelajaran berdiferensiasi di kelas ekperimen yaitu,41,10 dan sesudah 37,90, 2) Rata-rata kecemasan matematika sebelum pembelajaran konvensional di kelas kontrol yaitu,44,48 dan sesudah 42,03, 3) Berdasarkan uji hipotesis di dapatkan bahwa nilai sig 2 (tailed) 0,045<0,05, maka H_0 ditolak dan H_a diterima. Sehingga dapat di katakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kecemasan matematika pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka dapat di simpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi efektif dalam mengurangi kecemasan matematika siswa pada materi aljabar kelas VII di SMP Negeri 4 Jember.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Wilda Al-Asul |
Date Deposited: | 22 May 2025 03:38 |
Last Modified: | 22 May 2025 03:38 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41194 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |