PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA DAN PERAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS NEGERI 1 BANYUWANGI

Tryana, Dinda Rizma (2025) PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA DAN PERAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS NEGERI 1 BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dinda Rizma Tryana_211101010037.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci : Pergaulan Teman Sebaya, Peran Guru, dan Motivasi Belajar
Keberadaan kelompok-kelompok atau geng di kelas seringkali menyebabkan kesulitan bagi siswa yang tidak memiliki kelompok untuk berinteraksi dan berkolaborasi dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu hal yang memperparah situasi ini adalah kurangnya kepekaan guru terhadap dinamika sosial di kelas. Maka dari itu perlu dilakukan penelitian terhadap siswa tentang faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi belajar. Dalam penelitian ini fokus pada siswa MTs Negeri 1 Banyuwangi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Adakah pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Negeri 1 Banyuwangi? 2) Adakah pengaruh peran guru terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Negeri 1 Banyuwangi? 3) Adakah pengaruh pergaulan teman sebaya dan peran guru terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Negeri 1 Banyuwangi?
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Negeri 1 Banyuwangi. 2) Untuk mengetahui pengaruh peran guru terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Negeri 1 Banyuwangi. 3) Untuk mengetahui pengaruh pergaulan teman sebaya dan peran guru terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Negeri 1 Banyuwangi.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif, serta pengujian uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis serta koefisien determinasi.
Hasil dari penelitian ini yaitu : 1) Pergaulan teman sebaya tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Negeri 1 Banyuwangi. 2) Peran guru berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Negeri 1 Banyuwangi. 3) Pergaulan teman sebaya dan peran guru berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Negeri 1 Banyuwangi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220404 Jewish Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dinda Rizma Tryana
Date Deposited: 22 May 2025 03:41
Last Modified: 22 May 2025 03:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41195

Actions (login required)

View Item View Item