Pengaruh Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPS Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2024/2025

Pahlewi, Ananda Reza (2025) Pengaruh Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPS Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Ananda Fix_ Pengaruh Media wordwall.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Kata kunci: Media Wordwall, Hasil Belajar

Berdasarkan latar belakang penelitian yang ditemukan di SMPN Sukorambi Jember, terdapat permasalahan mengenai kurangnya pemanfaatan teknologi yang digunakan disekolah oleh guru IPS. Proses pembelajaran yang biasanya digunakan ialah konvensional atau ceramah saja, sehingga mengakibatkan peserta didik merasa bosan dalam pembelajaran dan membuat kurangnya perhatian sehingga kurangnya hasil belajar peserta didik. oleh karena itu, perlunya evaluasi dengan tujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Salah satunya dengan menggunakan media wordwall sebagai pendukung dalam proses pembelajaran.
Fokus masalah yang diambil dalam skripsi ini ialah apakah ada pengaruh penggunaan media Wordwall terhadap hasil belajar IPS di Sekolah Menengah Pertama Negeri Sukorambi kelas VIII pada Tahun Pelajaran 2024/2025?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penggunaan media Wordwall terhadap hasil belajar IPS di Sekolah Menengah Pertama Negeri Sukorambi kelas VIII pada Tahun Pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental. Desain penelitian yang digunakan peneliti ialah One Group pretest-posttest design, desain ini adalah desain penelitian dengan menggunakan pretest dan posttest dan menggunakan satu kelompok yang dipilih secara acak, yang didiskusikan bersama guru IPS. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi. Uji instrumen penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Analisis data yang digunakan adalah Paired Sample T-test.
Hasil analisis data dalam penelitian menggunakan Paired Sample T-test, menunjukkan bahwa nilai Sig. (0,000) lebih kecil dari 0,05 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwasannya pada penelitian ini terdapat pengaruh media wordwall terhadap hasil belajar IPS di Sekolah Menengah Pertama Negeri Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Nona Ananda Pahlewi
Date Deposited: 22 May 2025 08:42
Last Modified: 22 May 2025 08:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41217

Actions (login required)

View Item View Item