Implementasi Kebijakan Program Sekolah Penggerak Di Sekolah Dasar Bagorejo 03 Gumukmas Jember

Anggraeni, Cahya Putri (2025) Implementasi Kebijakan Program Sekolah Penggerak Di Sekolah Dasar Bagorejo 03 Gumukmas Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Cahya Putri Anggraeni_211101030023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Program Sekolah Penggerak menjadi salah satu episode program dari
kebijakan Merdeka Belajar yang memfokuskan pada pengembangan hasil belajar
siswa secara holistik yang mencakup kompetensi literasi dan numerasi serta
karakter. Pendekatan ini berfokus pada implementasi kebijakan Program Sekolah
Penggerak di SDN Bagorejo 03 melalui model implementasi kebijakan George
Edward III terdiri dari dimensi komunikasi, sumber daya, disposisi, struktur
birokrasi dalam pelaksanaan kebijakan. Terdapat keunikan lokasi penelitian yakni
SDN Bagorejo 03 merupakan satu-satunya sekolah dasar negeri se-kecamatan
Gumukmas yang lolos dan mengimplementasikan program sekolah penggerak
pada angkatan 2.
Fokus dalam penelitian ini yakni 1) bagaimana komunikasi dalam
implementasi kebijakan di sekolah dasar negeri bagorejo 03 gumukmas jember ?
2) bagaimana sumber daya dalam implementasi kebijakan di sekolah dasar negeri
bagorejo 03 gumukmas jember 3) bagaimana disposisi dalam implementasi
kebijakan di sekolah dasar negeri bagorejo 03 gumukmas jember 4) bagaimana
struktur birokrasi dalam implementasi kebijakan di sekolah dasar negeri bagorejo
03 gumukmas jember. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan
komunikasi, sumber daya, disposisi, struktur birokrasi dalam implementasi
kebijkan di SDN Bagorejo 03.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatf jenis studi kasus. Subjek
penelitian ini meliputi: kepala sekolah, komite pembelajaran, dan guru. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dokumentasi.
Analisis data yang digunakan yakni pengumpulan data, kondensasi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data yakni
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini bahwa implementasi kebijakan Program Sekolah
Penggerak di SDN Bagorejo 03 telah berjalan sesuai dengan empat dimensi yaitu
komunikasi, sumber daya, disposisi, struktur birokasi. Komunikasi yang terjalin
berjalan dengan baik. Dari segi sumber daya hal yang perlu ditingkatkan yaitu
fasilitas IT. Disposisi atau sikap pelaksana menunjukkan semangat kolaboratif
dalam mendukung program. Struktur birokrasi juga mendukung melalui prosedur
pelaksanaan dan pembagian tugas. Faktor penghambat terletak pada dukungan
wali murid terkait PSP, guru belum terbiasa dengan pendekatan baru, beban kerja
guru bertambah. Faktor pendukung terletak pada semangat kolaborasi warga
sekolah dan dukungan pemerintah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Cahya Cahya Putri Anggraeni
Date Deposited: 22 May 2025 07:43
Last Modified: 22 May 2025 07:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41219

Actions (login required)

View Item View Item