hikmah, alifnuril (2025) Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor learning Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Mangaran Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH.Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
ALIF NURIL HIKMAH_211101090005_SKRIPSI.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci: Outdoor learning, hasil belajar, IPS
Pendidikan di Indonesia terus berkembang dengan berbagai inovasi dalam metode pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hasil belajar siswa. Dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, proses belajar yang efektif memerlukan pendekatan yang tidak hanya berfokus pada teori, tetapi juga pada keterlibatan aktif siswa dalam memahami materi melalui pengalaman langsung. Namun, kenyataannya di banyak sekolah, pembelajaran IPS cenderung bersifat konvensional, yang lebih menekankan pada pemahaman materi secara teoretis dalam ruang kelas tanpa memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa adalah metode pembelajaran outdoor learning. Metode pembelajaran outdoor learning, yang mengedepankan pembelajaran di luar kelas dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam materi pelajaran IPS.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor learning Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Mangaran Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2024/2025. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran outdoor learning terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di SMP Negeri 1 Mangaran Kabupaten Situbondo tahun ajaran 2024/2025
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi-exsperimental. Desain penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah non Equivalent Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Uji validitas instrumen menggunakan uji reliabilitas yang menggunakan rumus Cronbach Alpha. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Sedangkan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang diterapkan metode pembelajaran outdoor learning dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi pemanfaatan lingkungan sekitar dalam pemenuhan kebutuhan ekonomi. Hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat menunjukkan melalui uji hipotesis yakni 0,004 yang dimana jika nilai sig (2-tailed) < 0,05 hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Ms Alif Nuril Hikmah |
Date Deposited: | 22 May 2025 09:18 |
Last Modified: | 22 May 2025 09:18 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41238 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |