PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV MI AL-FATAH SERUT 06 PANTI JEMBER

Hasani, Moh, Alvian (2025) PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV MI AL-FATAH SERUT 06 PANTI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moh. Alvian Hasani_T20194142.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK

Moh Alvian Hasani, 2025: “Pelaksanaan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fatttah Serut 06 Panti Jember”.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Konteks penelitian ini adalah saat observasi awal, peneliti menemukan problematika dalam penggunaan model pembelajaran pada materi bahasa Indonesia di MI Al-Fattah Serut 06 Pantu. Model pembelajaran pembelajaran bahasa Indonesia yang digunakan adalah metode ceramah dan Tanya jawab. Penggunaan metode ceramah dan tanyajawab ini ada kalanya juga siswa akan merasa bosan, kurang bersemangat dalam belajar, dan mendominasi siswa utuk aktif. Untuk mengatasi hal tersebut model pembelajaran Inkuiri yang dijadikan sebagai model pembelajaran terpilih yang diyakini dapat membantu peserta didik untuk mengolah informasi yang didapat melalui model pembelajaran Inkuiri.
Fokus Penelitian skripsi ini adalah Bagaimana Pelaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattah Serut 06 Panti Jember ? Bagaimana Pelaksanaan model pembelajaran inkuiri bebas pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattah Serut 06 Panti Jember?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk Mendeskripsikan Pelaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattah Serut 06 Panti Jember ? Untuk Mendeskripsikan Pelaksanaan model pembelajaran inkuiri bebas pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattah Serut 06 Panti Jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneltian ini adalah Deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, waancara dan dokumentasi. Dengan analisis menggunakan 1) kondensasi data 2) penyajian data 3) kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas IV dilakukan dengan langkah-langkah pembelajaran dimulai dari guru menjelaskan pokok-pokok kegiatan yang harus dilakukan oleh peserta didik, guru menyajikan materi, guru memberi tugas kepada peserta didik untuk menemukan jawaban sendiri dengan bimbingan guru memancing berpikir kritis dengan memutar video atau slide yang berkaitan tugas yang diberikan, guru meminta peserta didik mengumpulkan data dari hasil temuan, guru menguji hipotesis, dan yang terakhir guru memberikan penguatan dan evaluasi. (2) pelaksanaan model pembelajaran inkuiri bebas pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas IV dilakukan pada tahap-tahapan yaitu guru mengkondisikan peserta didik dan menjelaskan pokok-pokok kegiatan yang harus dilakukan, guru meminta peserta didik membuka buku pelajaran sesuai materi, guru meminta peserta didik membuat pertanyaan dan mencari jawaban sendiri, guru meminta peserta didik mengumpulkan data, guru menguji hipotesis, dan langkah terakhir menyimpulkan dan guru memberikan penguatan serta evaluasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mr alvian hasani
Date Deposited: 26 May 2025 04:43
Last Modified: 26 May 2025 04:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41359

Actions (login required)

View Item View Item