Pengaruh Green Marketing dan Label Halal terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Le Minerale di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember

Febriyani, Khoirun Nisa (2025) Pengaruh Green Marketing dan Label Halal terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Le Minerale di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Khoirun Nisa Febriyani_ 211105020031.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK

Khoirun Nisa Febriyani, 2025: Pengaruh Green Marketing dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Le Minerale di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember
Kata Kunci:Green Marketing, Label Halal, Keputusan Pembelian

Le Minerale merupakan salah satu merek air minum dalam kemasan (AMDK) yang berhasil menunjukkan daya saing yang kuat di pasar Indonesia. Konsumen kini lebih selektif dalam memilih produk untuk mendapatkan produk berkualitas dan aman dikonsumsi. Le Minerale, merek AMDK yang dikelola oleh PT. Tirta Fresindo Jaya sejak 2015 mengalami peningkatan penjualan yang signifikan dan berhasil bersaing dengan merek-merek besar yang sudah menguasai pasar AMDK di Indonesia. Le Minerale mampu bersaing dengan merek lain melalui strategi green marketing yang berkaitan dengan keberlanjutan lingkungan. Label halal yang dimiliki Le Minerale semakin menambah daya tarik merek ini karena banyak konsumen yang menjadikan status halal sebagai faktor penting dalam keputusan pembelian.

Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah green marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian Le Minerale di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember? 2) Apakah label halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian Le Minerale di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember? 3) Apakah green marketing dan label halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian Le Minerale di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember?

Adapun tujuan dari penelitian untuk mengetahui: 1) Pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian Le Minerale di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember 2) Pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian Le Minerale di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember 3) Pengaruh green marketing dan label halal terhadap keputusan Le Minerale di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic versi 25. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan tipe purposive sampling. Dihitung dengan rumus Slovin sehingga diperoleh jumlah sampel 100 responden. Analisis data dilakukan melalui uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Variabel green marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Le Minerale dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05. 2). Variabel label halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Le Minerale dengan nilai signifikan 0,008 < 0,05. 3). variabel green marketing dan label halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Le Minerale.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mahasiswi Khoirun Nisa Febriyani uinkhasjember
Date Deposited: 26 May 2025 07:24
Last Modified: 26 May 2025 07:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41399

Actions (login required)

View Item View Item