Zharotul, Ilmiah (2021) Analisis Kesesuaian Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas IX SMP/MTs Terbitan Kemendikbud Edisi Revisi 2018 dengan Kebutuhan Tugas Siswa. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
Zharotul Ilmiah_T20171217.pdf Download (7MB) |
Abstract
Zharotul Ilmiah, 2021: Analisis Kesesuaian Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas IX SMP/MTs Terbitan Kemendikbud Edisi Revisi 2018 dengan Kebutuhan Tugas Siswa. Kata kunci: Buku Teks, Standar BSNP Dalam dunia pendidikan, buku merupakan bagian dari kelangsungan pembelajaran. Proses pembelajaran dalam kelas sangat bergantung pada buku teks. Dalam keadaan guru tidak memenuhi syarat benar, maka buku teks merupakan pembimbing dan penunjang dalam mengajar. Bagi siswa buku bertugas sebagai dasar untuk belajar sistematis, untuk memperteguh, mengulang dan mengikuti pelajaran lanjutan. Berdasarkan realita yang ada dalam dunia pendidikan, ternyata masih ada permasalahan pada buku teks terkait materi atau isi yang ada di dalamnya. Kriteria buku ajar menurut Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) meliputi empat kelayakan yaitu kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikan. Penelitian ini hanya memfokuskan pada kriteria kalayakan isi buku ajar, karena komponen kelayakan isi meliputi kesesuian materi dengan KI dan KD, keakuratan materi dan materi pendukung pembelajaran. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini bagaimana kesesuaian materi Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti Kelas IX SMP/MTs dengan kebutuhan tugas siswa? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesesuaian materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas IX SMP/MTs dengan Kebutuhan Tugas Siswa. Karena terkadang siswa mengeluh soal atau tugas yang ada dibuku tidak memilki jawaban yang ada dalam materi tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library reseach) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik telaah dokumen. Apabila data yang diperlukan terkumpul kemudian di analisis dengan menggunakan metode content analysis (analisis isi). Analisis isi yang digunakan yaitu analisis isi deskriptif dan keabsahan data diuji dengan triangulasi. Berdasarkan hasil analisis buku ajar Pendidikan Agama islam dan Budi Pekerti Kelas IX SMP/MTs Terbitan Kemendikbud Edisi Revisi memperoleh hasil presentase 76,12%. Nilai tersebut termasuk dalam kategori baik atau sesuai antara materi dengan kebutuhan tugas siswa dan buku ini dapat disajikan sebagai buku ajar. Akan tetapi, ada catatan dalam beberapa bab untuk dijadikan sebagai bahan evaluasi demi menunjangnya kebutuhan peserta didik akan buku ajar yang valid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | m muhammad fadil |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 08:04 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 08:04 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4140 |
Actions (login required)
View Item |