Penerapan metode Preview, Question, Read, Summarize, Test (PQRST) Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP N 1 Puger

M. Ajib mas’aril widad, - (2021) Penerapan metode Preview, Question, Read, Summarize, Test (PQRST) Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP N 1 Puger. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
M. Ajib mas’aril widad_ 084141267.pdf

Download (10MB)

Abstract

M. AJIB MAS’ARIL WIDAD, 2021: Penerapan metode Preview, Question, Read, Summarize, Test (PQRST) Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP N 1 Puger. Metode adalah cara yang digunkan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal. Ini berarti, metode digunakan untuk merealisasikan strategi yang telah diterapkan. Dengan demikian, metode dalam rangkaian sistem pembelajaran memegan peran yang sangat tergantuung pada cara guru menggunakan metoode pembelajaran, karena suatu strtegi pembelajran hanya mungkin dapat diimplementasikan melalui metode pembelajaran (PQRST) pada mata pelajaran PAI di SMP N 1 Puger. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan Metode PQRST pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Puger ? (2) Bagaimana pelaksanaan Metode PQRST pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Puger ? (3) Bagaimana evaluasi Metode PQRST pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Puger ?. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan Perencanaan Metode PQRST pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Puger (2) Mendeskripsikan pelaksanaan Metode PQRST pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Puger (3) Mendeskripsikan evaluasi Metode PQRST pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Puger. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu, (1) Pernecanaan metode pembelajarn PQRST (Preview, Question, Read, Summary, Test) pada matapelajaran PAI pembelajaran mengamati, membuat pertanyaan, membaca dengan cermat, mencontohkan atau memberikan gambaran, memberikan test dengan soal tertulis. Dengan menggunakan media seperti lcd proyektor, papan tulis, laptop , lks, buku paket dengan efektif. (2) pelaksanaan metoder PQRST materi yang digunakan adalah Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 3*9-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159 tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal serta Hadits terkait dalam metode pembelajaran PQRST , dengan memvariasi atau menggabunggan strategi pembelajaran yang tepat membuat peserta didik menjadi aktif dalam proses pembelajaran. (3) evaluasi metode pembelajran PQRST empat pertimbangan yang perlu diperhatikan oleh seorang guru dalam melakukan evaluasi evaluasi pembelajaran. Empat pertimbangan tersebut Mengidentifikasi tujuan, Menentukan pengalaman belajar, Menentukan standar, Mengembangkan keterampilan dan pemahaman pembelajaran. Kata Kunci: PQRST, PAI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 03 Mar 2022 23:23
Last Modified: 03 Mar 2022 23:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4141

Actions (login required)

View Item View Item