Isa Bella Mulia Wati, - (2021) Problematika Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Matematika yang dialami Siswa Kelas V di MI Bustanul Ulum Kemiri 2 Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika.
Text
Isa Bella Mulia Wati_T20177053.pdf Download (3MB) |
Abstract
Isa Bella Mulia Wati, 2021: Problematika Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Matematika yang dialami Siswa Kelas V di MI Bustanul Ulum Kemiri 2 Jember. Kata Kunci: Problematika, Pembelajaran Daring, Matematika Tajamnya persaingan dunia, mengharuskan bangsa Indonesia untuk dapat mencapai keunggulan guna meningkatkan produktivitas nasional. Namun, karena adanya covid-19 pemindahan seluruh aktivitas pendidikan di sekolah untuk melakukan pembelajaran dari rumah melalui media daring (online) terasa dipaksakan beradaptasi secara tiba-tiba. Selain itu, matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sering dianggap sulit oleh sebagian siswa. MI Bustanul Ulum Kemiri 2 Jember merupakan salah satu sekolah yang merasakan dampak dari pembalajaran daring pada kondisi ini. Namun karena MI Bustanul Ulum Kemiri 2 Jember ini terletak di desa yang mayoritas orang tua siswa tersebut adalah petani serta koneksi internet yang terbatas pelaksanaan pembelajaran daring dirasa sulit untuk diterapkan. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran matematika kelas V di MI Bustanul Ulum Kemiri 2 Jember? 2) Apa problematika pembelajaran daring mata pelajaran matematika kelas V di MI Bustanul Ulum Kemiri 2 Jember? 3) Apa solusi yang ditempuh untuk menyelesaikan permasalahan pembelajaran daring mata pelajaran matematika kelas V di MI Bustanul Ulum Kemiri 2 Jember? Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran matematika kelas V di MI Bustanul Ulum Kemiri 2 Jember. 2) Untuk mendeskripsikan problematika yang muncul dalam pembelajaran daring mata pelajaran matematika kelas V di MI Bustanul Ulum Kemiri 2 Jember. 3) Untuk mendeskripsikan upaya atau solusi apa yang dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan pembelajaran daring mata pelajaran matematika kelas V di MI Bustanul Ulum Kemiri 2 Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam memperoleh data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Model analisis data yang digunakan peneliti adalah model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan metode triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa 1) Pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran matematika pada siswa kelas V di MI Bustanul Ulum Kemiri 2 Jember sudah berjalan dengan baik karena guru melaksanakan tugas mengajarnya berupa pemberian materi dan tugas sesuai dengan jadwal pelajaran yang telah ditetapkan melalui Android dengan memanfaatkan grup whatsapps. 2) Permaslahan atau problem pembelajaran daring mata pelajaran matematika pada siswa kelas V di MI Bustanul Ulum Kemiri 2 Jember diantaranya jaringan internet terbatas, siswa kurang aktif saat x pembelajaran, pembelajaran yang tidak maksimal, terbatasnya waktu pembelajaran saat pembelajaran tatap muka. 3) Solusi untuk memgatasi permasalahan pembelajaran daring mata pelajaran matematika kelas V di MI Bustanul Ulum Kemiri 2 Jember adalah untuk permasalahan jaringan internet terbatas dan siswa kurang aktif, guru mendatangi siswa untuk melakukan pembelajaran tatap muka dengan kelompok-kelompok kecil di kediaman salah satu siswa, untuk permasalahan pembelajaran tidak maksimal dan terbatasnya waktu pada saat pembelajaran tatap muka, yaitu dengan mengupayakan pembelajaran tatap muka saat kondisi covid-19 dinyatakan zona hijau untuk wilayah tersebut dengan membatasi waktu pertemuan dan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 08:03 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 08:03 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4146 |
Actions (login required)
View Item |