Penerapan Media Origami dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 MI Wahid Hasyim Jambearum Jember

Fatkhur Asmi, - (2021) Penerapan Media Origami dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 MI Wahid Hasyim Jambearum Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrsah Ibtidaiyah.

[img] Text
Fatkhur Asmi_ 084 144 040.pdf

Download (7MB)

Abstract

Fatkhur Asmi, 2020: Penerapan Media Origami dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 MI Wahid Hasyim Jambearum Jember Siswa di madrasah ini terutama di kelas 3 cenderung bermain-main saat proses pembelajaran berlangsung dan berdampak terhadap hasil belajar yang diperoleh siswa. Kira-kira sebanyak 50% siswa tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan. Atas dasar sebagaimana kondisi yang dikemukakan di atas, perlu adanya sebuah solusi untuk mengatasi kondisi tersebut, yaitu dengan penggunaan media kertas origami untuk meningkatkan hasil belajar siswa Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana Perencanaan Penerapan Media Origami dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 Miwahid Hasyim Jambearum Jember?, 2) Bagaimana Pelaksanaan Penerapan Media Origami dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 Miwahid Hasyim Jambearum Jember?, 3) Bagaimana Evaluasi Penerapan Media Origami dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 Miwahid Hasyim Jambearum Jember?. Tujuan dalam skripsi ini adalah: 1) Mendeskripsikan Bagaimana Perencanaan Penerapan Media Origami dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 Miwahid Hasyim Jambearum Jember, 2) Mendeskripsikan Pelaksanaan Penerapan Media Origami dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 Miwahid Hasyim Jambearum Jember, 3) Mendeskripsikan Bagaimana Evaluasi Penerapan Media Origami dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 Miwahid Hasyim Jambearum Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, adalah: observasi,wawancara, dokumentasi. Penetuan informan menggunakan purposive. Analisis data yang digunakan model Miles, Huberman dan Saldana meliputi: koleksi data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Untuk pengujian keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi metode dan sumber. Kesimpulan dari penelitian ini: 1) Perencanaan penerapan media origami dalam meningkatkan hasil belajar siswa meliputi: pembuatan RPP dimana cara penyusunannya meliputi pengkajian silabus, pengidentifikasian materi pembelajaran, penentuan tujuan, pengembangan kegiatan pembelajaran, Penjabaran jenis penilaian, serta penentuan alokasi waktu dan Sumber belajar. 2) Pelaksanaan penerapan media origami dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu meningkatkan perhatian siswa pertama guru mengenalkan media origami kemudian guru memberi contoh salah satu bentuk bangun datar, bentuk hewan�hewan atau bunga kemudian siswa diminta mengikuti dan membuat bentuk bangun datar, bentuk hewan-hewan atau bunga menggunakan media origami. 3) Evaluasi dilakukan dengan cara pencatatan penilaian perkembangan pada saat proses pembelajaran dan juga recalling dibagian akhir pembelajaran. Untuk evaluasi yang dilakukan oleh guru yaitu catatan nilai harian dan saat kegiatan penutup guru malakukan recalling dangan cara menanyakan satu persatu kepada siswa sampai mereka mampu menjawab semua pertanyaan guru secara benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 21 Apr 2022 08:02
Last Modified: 21 Apr 2022 08:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4149

Actions (login required)

View Item View Item