Tohet, Moch. (2025) PENGEMBANGAN MODUL AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI BERBASIS NILAI-NILAI KEPESANTRENAN DI SMK DARUL LUGHAH WAL KAROMAH KRAKSAAN PROBOLINGGO. Doctoral thesis, UIN KHAS Jember.
![]() |
Text
Disertasi - Moch. Tohet.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK
Tohet, Moch., 2024. Pengembangan Modul Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Berbasis Nilai-nilai Kepesantrenan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Darul Lughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo. Disertasi. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq (UIN KHAS) Jember. Promotor: Prof. Dr. H. Mashudi, M. Pd. Co Promotor: Dr. H. Abd. Muhith, S. Ag., M.Pd.I
Kata kunci: modul ajar, Pendidikan Agama Islam, nilai-nilai kepesantrenan
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis nilai-nilai kepesantrenan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Darul Lughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan/Research and Development (R&D) yang dilakukan di SMK Darul Lughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo.
Pertanyaan/rumusan masalah penelitian dan pengembangan yang diajukan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana analisis kebutuhan pengembangan modul ajar Pendidikan Agama Islam berbasis nilai-nilai kepesantrenan di SMK Darul Lughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo?, 2) Bagaimana pengembangan modul ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis nilai-nilai kepesantrenan di SMK Darul Lughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo?, dan 3) Bagaimana kelayakan pengembangan modul ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis nilai-nilai kepesantrenan di SMK Darul Lughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan analisis kebutuhan pengembangan modul ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis nilai-nilai kepesantrenan di SMK Darul Lughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo, 2) Mengembangkan dan menghasilkan modul ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis nilai-nilai kepesantrenan di SMK Darul Lughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo, dan 3) Mendeskripsikan kelayakan modul ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis nilai-nilai kepesantrenan di SMK Darul Lughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo
Metode penelitian yang digunakan dalam Pengembangan Modul Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis nilai-nilai kepesantrenan di SMK Darul Lughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo ini adalah metode Research and Development (R&D). Penelitian ini dikhususkan pada penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk pendidikan yang dapat dipertanggungjawabkan. Produk yang dikembangkan adalah Modul Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis nilai-nilai kepesantrenan dengan menggunakan model ADDIE yang dikembangakan oleh Robert Maribe Branch yang mencakup lima tahap (analyze, design, develop, implement, dan evaluate)
Instrumen pengumpulan data mencakup angket, lembar validasi ahli bahasa, desain, materi, pembelajaran, lembar tanggapan peserta, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian dan pengembangan ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Data yang diperoleh dari kualitatif kemudian dikonversikan ke data kuantitatif menggunakan kriteria konversi lima skala.
Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa: 1) pengembangan modul ajar ini dilakukan berdasarkan analisis cakupan materi pelajaran dan kebutuhan peserta dpidik, 2) hasil pengembangan materi Modul Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis nilai-nilai kepesantrenan dalam bentuk modul ajar cetak untuk kelas X Sekolah Menengan Kejuruan (SMK) dengan ukuran buku 17 x 25 cm., terdiri dari tujuh bab dan 144 halaman, dan 3) kelayakan dan efektifitas pengembangan modul ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis nilai-nilai kepesantrenan berdasarkan perhitungan N-Gain score diperoleh rata-rata sebesar 0,71 dengan kriteria sedang dan N-Gain percent sebesar 70,67% dengan kriteria cukup efektif. Oleh karena itu maka modul ajar hasil pengembangan ini cukup efektif dan layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Program Magister > Hukum Keluarga |
Depositing User: | Moch. Tohet |
Date Deposited: | 27 May 2025 04:10 |
Last Modified: | 27 May 2025 04:10 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41501 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |