Maghfiiroh, Niswatim (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Smart Box Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi “Pancasila Sebagai Nilai Kehidupan” Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ajung 02 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
NISWATIM MAGHFIIROH_212101040022.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada pengembangan dan kelayakan media pembelajaran Smart Box sebagai alat bantu dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila materi Pancasila sebagai Nilai Kehidupan untuk siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Ajung 02 Jember. Latar belakang penelitian ini adalah masih terbatasnya penggunaan media pembelajaran yang bervariasi oleh guru, yang umumnya hanya mengandalkan papan tulis, buku cetak, dan kertas gambar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana produk media pembelajaran Smart Box dikembangkan? (2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran Smart Box dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila? (3) Bagaimana respon peserta didik terhadap media pembelajaran Smart Box?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk Smart Box, menguji kelayakannya, serta menganalisis respon peserta didik terhadap media pembelajaran ini.
Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan model ADDIE, yang terdiri dari tahapan Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah 1) Media Smart Box yang dikembangkan oleh peneliti terbuat dari bahan impraboard dengan ukuran 31 cm x 39 cm, dan di dalamnya terdapat berbagai fitur, seperti materi, gambar, dan spinner yang sesuai dengan pembelajaran Pancasila sebagai nilai kehidupan 2) Hasil validasi dari ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran menunjukkan nilai rata-rata persentase sebesar 96%, yang berarti media ini sangat layak digunakan 3) Hasil angket respon peserta didik menunjukkan bahwa 96,5% media Smart Box ini sangat menarik untuk digunakan. Dengan hasil tersebut, Smart Box dinilai efektif dan bisa menjadi alternatif media pembelajaran yang menarik dan membantu siswa lebih memahami nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Niswatim Maghfiiroh |
Date Deposited: | 27 May 2025 06:31 |
Last Modified: | 27 May 2025 06:31 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41512 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |