Widia Sukma, Yana (2021) Implementasi Strategi Pembelajaran Tuntas Dalam Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadit’ di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
Widia Sukma Yana_T20171056.pdf Download (6MB) |
Abstract
Widia Sukma Yana, 2021: Implementasi Strategi Pembelajaran Tuntas Dalam Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadit’ di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Tuntas Pendekatan pembelajaran tuntas adalah salah satu usaha dalam pendidikan yang bertujuan untuk memotivasi peserta didik mencapai penguasaan (mastery level) terhadap kopetensi tertentu. Dengan menempatkan pembelajarn tuntas (mastery Learbing) sebagai salah satu prinsip utama dalam mendukung pelaksanaan kurikulum berbasis kopetensi, berarti pembelajaran tuntas merupakan sesuatu yang harus dipahami dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh warga sekolah, untuk itu perlu adanya panduan yang memberikan arah serta petunjuk bagi guru dan warga sekolah tentang bagimana pembelajaran tuntas seharusnya dilaksanakan. Belajar tuntas berasumsi bahwa didalam kondisi yang tepat semua peserta didik mampu belajar dengan baik, dan memperoleh hasil yang maksimal terhadap seluruh materi yang dipelajari. Fokus Penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penggunaan Media dan Interaksi siswa dengan media pembelajaran dalam strategi pembelajaran tuntas dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits diMadrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi 2) Bagaimana metode dalam strategi pembelajaran tuntas dalam Pembelajaran AlQur’an Hadits diMadrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi Tujuan Penelitian ini Yaitu: 1) Mendiskripsikan penggunaan Media dan Interaksi siswa dengan media pembelajaran dalam strategi pembelajaran tuntas dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits diMadrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi 2) Mendiskripsikan metode dalam strategi pembelajaran tuntas dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits diMadrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi Untuk mencapai tujuan diatas, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis kualitatif model interaktif yang dikembangkan oleh Milles, Huberman dan Saldana tahun 2014 yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu: 1) penggunaan media pembelajaran dan interaksi siswa terhadap media yang di berikan sekolahan dimana siswa merasakan keaktifan, dan tidak merasa bosan dalam proses pembelajaran, siswa dapat mencari referensi atau informasi melalui internet tidak hanya terpaku dengan buku pegangan siswa dan juga guru. 2) metode yang digunakan dalam proses pembelajaran tuntas yaitu dengan menggunakan metode ceramah,kelompok dan tutor sebaya. Di adakannya kelas bengkel al-qur’an bagi siswa yang kurang begitu lancar dalam mengajinya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | m muhammad fadil |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 08:01 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 08:01 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4152 |
Actions (login required)
View Item |