Strategi Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Ghozali Jember

Tafuzi, Qonita Ittaqi (2025) Strategi Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Ghozali Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Qonita Ittaqi Tafuzi_212101030002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Qonita Ittaqi Tafuzi, 2025: Strategi Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Ghozali Jember.
Kata Kunci: strategi kepala sekolah, kinerja guru, SMP Islam Terpadu
Al-Ghozali Jember

Di tengah berbagai tantangan yang dihadapi sekolah, seperti perubahan kurikulum, keterbatasan fasilitas, hingga beragam kebutuhan siswa, kepala sekolah dituntut untuk memiliki kemampuan kepemimpinan yang adaptif dan inovatif dalam meningkatkan kompetensi, tanggung jawab, serta semangat kerja, yang pada akhirnya akan berkontribusi pada peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Kepala sekolah memiliki tanggung jawab besar dalam mengelola seluruh aspek di lingkungan sekolah, termasuk dalam mengembangkan kinerja guru.
Fokus penelitian yang diteliti meliputi : 1) Bagaimana formulasi strategi kepala sekolah dalam mengembangkan kinerja guru di SMP Islam Terpadu Al-Ghozali Jember? 2) Bagaimana implementasi strategi kepala sekolah dalam mengembangkan kinerja guru di SMP Islam Terpadu Al-Ghozali Jember? 3) Bagaimana evaluasi strategi kepala sekolah dalam mengembangkan kinerja guru di SMP Islam Terpadu Al-Ghozali Jember?
Tujuan dalam penelitian ini meliputi : 1) Untuk mendeskripsikan formulasi strategi kepala sekolah dalam mengembangkan kinerja guru di SMP Islam Terpadu Al-Ghozali Jember. 2) Untuk mendeskripsikan implementasi strategi kepala sekolah dalam mengembangkan kinerja guru di SMP Islam Terpadu Al-Ghozali Jember. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi strategi kepala sekolah dalam mengembangkan kinerja guru di SMP Islam Terpadu Al-Ghozali Jember.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian naratif dan menggunakan Teknik pengumpulan data : 1) Observasi, 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan dua jenis triangulasi yaitu : 1) Triangulasi sumber, dan 2) Triangulasi Teknik. Dan teknik pengambilan data yang dilakukan peneliti adalah model Miles, Huberman dan Saldana yang melalui tiga tahap yaitu: 1) Kondensasi data, 2) Penyajian data, dan 3) Penarikan Kesimpulan.
Penelitian ini memperoleh hasil bahwa proses strategi kepala sekolah melewati tiga tahapan, yaitu formulasi, implementasi dan evaluasi strategi. 1) Formulasi strategi kepala sekolah berdasar kepada hasil refleksi dan penilaian. Dari hasil refleksi tersebut, kepala sekolah dapat mengetahui apa yang perlu diperbaiki dari strategi yang sudah berjalan, kemudian dijadikan bahan pertimbangan untuk penyusunan strategi yang baru. 2) Implementasi strategi kepala sekolah melakukan sosialisasi kepada seluruh warga sekolah tentang strategi yang akan dijalankan. Bentuk implementasi strategi kepala sekolah adalah dengan mengadakan pelatihan dan pembinaan. 3)Evaluasi strategi, guru diminta untuk melakukan refleksi diri terhadap kinerjanya selama satu tahun pembelajaran. Kepala sekolah juga melakukan penilaian melalui lembar penilaian kinerja yang telah disediakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Qonita Ittaqi Tafuzi
Date Deposited: 28 May 2025 03:54
Last Modified: 28 May 2025 03:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41575

Actions (login required)

View Item View Item