Strategi Peningkatan Kepuasan Donatur Pada Pertambahan Dana ZIS di LAZNAS Nurul Hayat Jember.

Jamilah, Dewi (2025) Strategi Peningkatan Kepuasan Donatur Pada Pertambahan Dana ZIS di LAZNAS Nurul Hayat Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dewi Ismaul Jamilah_212105040009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Dewi Ismaul Jamilah, Muhammad Fauzinuddin Faiz, 2025: Strategi Peningkatan Kepuasan Donatur Pada Pertambahan Dana ZIS di LAZNAS Nurul Hayat Jember.
Kata Kunci: strategi, kepuasan donatur, LAZNAS Nurul Hayat
Strategi merupakan suatu cara yang disusun untuk mencapai tujuan yang diinginkan oleh perusahaan atau organisasi dalam jangka Panjang. Tak lain juga Lembaga Amil Zakat. LAZNAS Nurul Hayat adalah lembaga amil zakat nasional yang berfokus pada pengelolaan dan ZIS, yang bergerak di bidang sosial dan dakwah. Donatur adalah seorang muslim yang rutin berdonasi. Memberikan kepuasan kepada donatur itu penting karena dapat meningkatkan loyalitas mereka dalam berdonasi, donatur yang loyal akan terus berdonasi dalam jangka Panjang, dan juga dapat merekomendasikan ke kerabat terdekatnya sehingga jumlah donatur bertambah nantinya akan berdampak pada pertambahan dana ZIS.
Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana strategi pendekatan personal lembaga dalam meningkatkan kepuasan donatur di LAZNAS Nurul Hayat Jember? 2) Bagaimana dampak penggunaan strategi pada peningkatan perolehan dana ZIS di LAZNAS Nurul Hayat Jember?
Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi pendekatan personal lembaga dalam meningkatkan kepuasan donatur di LAZNAS Nurul Hayat Jember. 2) Untuk mengetahui dampak penggunaan strategi pada peningkatan perolehan dana ZIS di LAZNAS Nurul Hayat Jember.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif, untuk menentukan informasi penelitian, peneliti menggunakan Teknik purposive dengan Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menyatakan: 1) strategi yang digunakan LAZNAS Nurul Hayat untuk pendekatan personal, memberikan majalah setelah berdonasi rutin, setiap yang berdonasi akan didoakan, mengucapkan selamat kepada donatur saat hari spesial dengan berkunjung ke rumah. Evaluasi dilakukan satu minggu sekali setiap hari senin. 2) berdampak yang signifikan. semakin tinggi kepuasan donatur terhadap layanan dan transparansi, semakin tinggi loyalitas mereka. Dengan demikian jumlah donatur dan nominal terus meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: strategi Dewi Jamilah
Date Deposited: 28 May 2025 06:03
Last Modified: 28 May 2025 06:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41578

Actions (login required)

View Item View Item