Adibah, Elisa Dourothun Nafis El (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERUPA MAJALAH PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI MTs NEGERI 6 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
ELISA DOUROTHUN NAFIS EL ADIBAH_211101090044.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (13MB) |
Abstract
Bahan ajar merupakan sumber belajar yang berperan penting dalam.
mendukung proses pembelajaran, karena keberadaannya membantu guru dalam
menyampaikan materi dan memberikan informasi. Analisis kebutuhan yang
dilakukan di MTs Negeri 6 Jember menunjukkan adanya kendala dalam
pembelajaran IPS pada kelas VII yakni ketergantungan pada buku paket sebagai
sumber belajar utama dan keterbatasan sarana seperti proyektor dan LCD yang
digunakan secara bergantian antar kelas. Berdasarkan hal tersebut, peneliti
mengembangkan bahan ajar berupa majalah untuk dimanfaatkan sebagai refrensi
bahan ajar yang menarik pada materi permasalahan sosial budaya. Pemilihan
materi didasarkan pada sifatnya yang naratif, kontekstual, dan relevan dengan isuisu aktual, termasuk yang terjadi di madrasah seperti kenakalan remaja.
Penelitian ini bertujuan: 1). Mendeskripsikan kevalidan bahan ajar berupa
majalah pada mata pelajaran IPS Kelas VII di MTs Negeri 6 Jember Tahun
Pelajaran 2024/2025, 2). Mendeskripsikan kepraktisan bahan ajar berupa majalah
pada mata pelajaran IPS Kelas VII di MTs Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran
2024/2025, 3). Mendeskripsikan keefektifan bahan ajar berupa majalah pada mata
pelajaran IPS Kelas VII di MTs Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development
(R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE terdiri atas lima
tahapan, yaitu tahap analysis, design, development, implementation, dan
evaluation. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket, dan tes. Uji
coba produk terdiri dari dua tahap yakni: 1). Uji konstruksi oleh ahli untuk
menilai kevalidan bahan ajar. 2) Uji coba lapangan dilakukan pada siswa kelas
VII MTs Negeri 6 Jember, terdiri dari kelompok kecil (10 siswa) dan kelompok
besar (25 siswa), dengan menggunakan bahan ajar berupa majalah. Kegiatan ini
disertai dengan pemberian angket respon serta soal pre-test dan post-test untuk
menguji kepraktisan dan keefektifan majalah sebagai bahan ajar.
Hasil penelitian menunjukkan: 1). Kevalidan bahan ajar majalah
memperoleh skor 80% (valid) dari ahli materi, ahli bahasa dengan skor 85%
(sangat valid), dan ahli media dengan skor 80% (valid). 2). Kepraktisan bahan ajar
dinilai berdasarkan respon dari guru IPS dengan skor 90% (sangat praktis). Hasil
respon siswa pada uji coba kelompok kecil mencapai skor 86,9% (sangat praktis),
dan pada uji coba kelompok besar sebesar 86% (sangat praktis). 3). Keefektifan
bahan ajar dibuktikan melalui peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata
nilai pre-test sebesar 51 meningkat menjadi 84 pada nilai post-test. Nilai N-Gain
yang diperoleh sebesar 67%, mengindikasikan kategori cukup efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar, Majalah, Mata Pelajaran IPS, Permasalahan Sosial Budaya |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Elisa Dourothun Nafis El Adibah |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 02:11 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 02:11 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41641 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |