Iklila Febrianti, Fiorentisa (2021) Peran Guru Dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Melalui Kegiatan Pretend Play Pada Peserta Didik Kelas B1 Di Taman Kanak-kanak Muslimat Nahdhatul Ulama 65 Lojejer Wuluhan Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Prodi Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
Text
Iklila Febrianti Fiorentisa_T20175033.pdf Download (5MB) |
Abstract
Iklila Febrianti Fiorentisa, 2021: Peran Guru Dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Melalui Kegiatan Pretend Play Pada Peserta Didik Kelas B1 Di Taman Kanak-kanak Muslimat Nahdhatul Ulama 65 Lojejer Wuluhan Jember. Kata kunci : Peran guru, kecerdasan interpersonal, pretend play. Kecerdasan interpersonal adalah kecerdasan yang dimiliki individu untuk menjalin hubungan dengan orang lain serta mempertahankan interaksi sosialnya. Guru di TK Muslimat NU 65 Lojejer dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal anak, salah satunya dengan menggunakan kegiatan pretend play. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal melalui kegiatan pretend play pada peserta didik kelas B1 di TK Muslimat NU 65 Lojejer ? (2) Bagaimana peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal melalui kegiatan pretend play pada peserta didik kelas B1 di TK Muslimat NU 65 Lojejer? (3) Bagaimana peran guru sebagai model dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal melalui kegiatan pretend play pada peserta didik kelas B1 di TK Muslimat NU 65 Lojejer?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal melalui kegiatan pretend play pada peserta didik kelas B1 di TK Muslimat NU 65 Lojejer (2) Mendeskripsikan peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal melalui kegiatan pretend play pada peserta didik kelas B1 di TK Muslimat NU 65 Lojejer (3) Mendeskripsikan peran guru sebagai model dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal melalui kegiatan pretend play pada peserta didik kelas B1 di TK Muslimat NU 65 Lojejer. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu: teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini (1) Peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal melalui kegiatan pretend play di TK Muslimat NU 65 Lojejer yaitu (a) memberikan penjelasan materi tentang pretend play (b) memberikan penguatan materi pretend play (c) menyempurnakan materi pretend play dengan praktik. (2) Peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal melalui kegiatan pretend play di TK Muslimat NU 65 Lojejer yaitu (a) guru menyiapkan alat yang sesuai dengan tema pretend play (b) memilih alat yang tepat untuk materi pretend play (c) membantu anak memahami peran mereka (d) melakukan pendampingan selama kegiatan pretend play berlangsung (3) Peran guru sebagai model dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal melalui kegiatan pretend play di TK Muslimat NU 65 Lojejer yaitu (a) mendemonstrasikan secara langsung peran yang akan dimainkan oleh setiap anak (b) memberikan contoh ucapan dan gerakan yang harus dilakukan oleh anak saat memainkan perannya (c) memberikan contoh cara menggunakan peralatan penunjang kegiatan pretend play.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 07:59 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 07:59 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4165 |
Actions (login required)
View Item |