PERAN ENDORSEMENT DALAM JUMLAH KONSUMEN ONLINE SHOP QUEENSI.ID

Ainun Rifah,, Nida (2025) PERAN ENDORSEMENT DALAM JUMLAH KONSUMEN ONLINE SHOP QUEENSI.ID. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
NIDA watermak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Nida Ainun Rifah, Nikmatul Masruroh, 2025: Peran Endorsement dalam Jumlah Konsumen Online Shop Queensi.Id”.
Kata Kunci : Endorsement, Konsumen, Online shop
Kemajuan teknologi mendorong penggunaan internet untuk bisnis, terutama melalui media sosial seperti Instagram. Platform ini menjadi alat strategis untuk promosi, terutama dengan metode Endorsement yang melibatkan figur publik. Queensi.id, Online shop di Jember yang fokus pada fashion wanita berhijab, berhasil memanfaatkan Endorsement selebgram, terbukti dengan peningkatan signifikan jumlah Followers hingga 21,9 ribu. Meskipun jumlah pengikutnya lebih sedikit dibanding pesaing, Queensi.id unggul dalam strategi pemasaran ini, menjadikannya relevan untuk penelitian.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses perekrutan Endorsement dalam jumlah konsumen pada Online shop Queensi.id? dan 2) Bagaimana peranan Endorsement dalam jumlah konsumen Online shop Queensi.id?. Tujuan penelitian ini yaitu: 1. Mengetahui proses Endorsement dalam jumlah konsumen Online shop Queensi.id. dan 2. Mengetahui peranan Endorsement dalam jumlah konsumen Online shop Queensi.id.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif di toko Queensi.id, Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, dengan aktivitas reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Keabsahan data menggunalkan teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Queensi.id berperan penting dalam meningkatkan jumlah konsumen melalui strategi pemilihan influencer yang tepat, pembuatan konten yang menarik, serta distribusi konten secara efektif melalui platform media sosial seperti Instagram dan TikTok. Strategi endorsement terbukti membantu dalam meningkatkan brand awareness, membangun kepercayaan konsumen, serta mendorong keputusan pembelian melalui testimoni dan promosi khusus, seperti pemberian diskon. 2. Pemilik Queensi.id menegaskan bahwa penggunaan endorsement telah memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan penjualan, meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan anggaran dan kesulitan dalam memilih influencer yang tepat. Sementara itu, admin Queensi.id menyatakan bahwa endorsement berdampak langsung terhadap lonjakan jumlah pesanan dan peningkatan loyalitas pelanggan. Hal ini didukung oleh komunikasi yang intensif dengan influencer serta pengelolaan stok barang yang baik untuk mengantisipasi peningkatan permintaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Nida Ainun Rifah
Date Deposited: 02 Jun 2025 01:36
Last Modified: 02 Jun 2025 01:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41666

Actions (login required)

View Item View Item