Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Talk, Write (TTW) Dalam Aktivitas Berfikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Mima 35 Nurul Ulum Ambulu Jember Tahun Ajaran 2020/2021

Urfiana Kurniawati, - (2021) Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Talk, Write (TTW) Dalam Aktivitas Berfikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Mima 35 Nurul Ulum Ambulu Jember Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, : Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
Urfiana Kurniawati_T20174062.pdf

Download (1MB)

Abstract

Urfiana Kurniawati, 2021: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Talk, Write (TTW) Dalam Aktivitas Berfikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Mima 35 Nurul Ulum Ambulu Jember Tahun Ajaran 2020/2021 Kata kunci: Model Pembelajaran, Berfikir Kreatif, Pembelajaran Tematik Pendidikan mengisyarakatkan seorang guru untuk menggunakan model ataupun strategi pembelajaran yang bermakna untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi, kemandirian, kerjasama, solidaritas, dan ketrampilan kreatifitas berfikir siswa, hal yang terjadi MIMA 35 Nurul Ulum Proses pembelajaran yang dilakukan kurang membuat peserta didik aktif dalam proses pembelajaran, untuk memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif, guru menerapkan model pembelajaran berkelompok Tipe Think, Talk, Write, dimana proses pembelajaran ini diawali dari keterlibatan siswa dalam berfikir setelah proses membaca selanjutnya berbagi ide dalam sebuah kelompok kecil, kemudian melaporkan hasil diskusi dalam bentuk tulisan. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Talk, Write Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V Mima 35 Nurul Ulum. 2) Bagaimana efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Talk, Write Dalam aktivitas Berfikir Kreatif Siswa Kelas V Mima 35 Nurul Ulum. 3) Bagaimana Kelebihan Dan Kekurangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Talk, Write Dalam aktivitas Berfikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V Mima 35 Nurul Ulum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek penelitian ialah guru kelas V, peserta didik kelas V. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi,wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif Milles dan Hubermen dan Salada. yaitu pengumpulan data data, pengembunan data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi data. Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu: 1) Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Talk, Write Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V Mima 35 Nurul Ulum adalah : pertama, adanya perencanaa pembelajaran. Kedua, pelaksanaan pembelajaran. Ketiga, adanya evaluasi pembelajaran. 2) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Talk, Write Dalam Aktivitas Berfikir Kreatif Siswa Kelas V Mima 35 Nurul Ulum meliputi: siswa aktif dalam proses pembelajaran, siswa dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan teman, guru dan diri sendiri, mendorong aktivitas berfikir kreatif siswa. 3) Kelebihan Dan Kekurangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Talk, Write Dalam aktivitas Berfikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Tematik kelas V di Mima 35 Nurul Ulum. Pertama, Kelebihan Dan Kekurangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Talk, Write diantara kelebihan dari model ini terhadap siswa meliputi: a) Siswa lebih aktif dalam proses belajar. b) Siswa lebih percaya diri dengan apa yang mereka dapat. c) Siswa dapat aktif dalam berfikir kreatif. d) siswa berkomunikasi dengan temanya, guru dan diri mereka sendiri. sedangkan Kekurangan pada Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think, Talk, Write terhadap siswa ialah masih ada beberapa siswa yang cenderung pendiam meskipun sudah dilakukan pembelajaran kelompok. Kedua, Kelebihan Dan Kekurangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Talk, Write. Adapun kelebihan dari model meliputi: (a) Mengembangkan ketrampilan berfikir kreatif siswa. (b) Siswa lebih percaya diri dengan apa yang mereka dapat. (c) Siswa dapat aktif dalam berfikir kreatif. (d) Dengan berkelompok akan melibatkan siswa secara aktif dalam belajar. (c) membiasakan siswa berfikir dan berkomunikasi dengan temanya, guru dan diri mereka sendiri. sedangkan Kekurangan pada Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think, Talk, Write meliputi: (a) guru harus benar-benar menyiapkan perencanaan dengan matang. (b) model ini memerlukan waktu yang relatif lama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 21 Apr 2022 07:58
Last Modified: 21 Apr 2022 07:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4170

Actions (login required)

View Item View Item